Cara Pendaftaran Manual Peserta BPJS Kesehatan Terbaru 2017-2018

BPJS Kesehatan - Cara untuk Pendaftaran melalui Peserta dan Online serta Peserta Manual Petunjuk BPJS-Kesehatan.go.id  Setelah sekian lama admin akhirnya kembali update mengenai Cara Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan Secara Manual melalui BPJS-Kesehatan.go.id, Layanan Kesehatan ini memang sudah terbukti dapat membantu dalam proses penyelesaian masalah kesehatan tidak hanya mereka yang memiliki ekonomi kurang mampu tetapi saat ini BPJS Kesehatan diikuti oleh semua kalangan.

Bahkan sistem pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan saat ini sudah semakin baik, hal itu sudah banyak diakui oleh para peserta BPJS Kesehatan bisa dibilang sudah semakin baik jika dibandingkan dengan menggunakan ASKIN, atau sejenisnya, tetapi untuk layanan kesehatan ini tidak gratis begitu saja, BPJS Kesehatan sama dengan kebanyakan asuransi Kesehatan, hanya saja BPJS dikelolah langsung oleh pemerintah.

Untuk bisa menikmati layanan kesehatan BPJS para peserta harus mengikuti iuran yang sudah ditentukan, ada tiga katagori yang bisa diikuti mulai perawatan kelas 3, kelas 2, dan kelas 1 sesuai dengan yang diikuti, untuk para peserta umum ketentuan ini berlaku, tetapi bagi karyawan ataupun PNS Pengusulan BPJS langsung berurusan dengan lembaga tententu, nantinya langsung dipotong dari gaji yang didapat.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Reviuw Pendaftaran BPJS Kesehatan, karena ada banyak sekali peserta yang bertanya tentang bagaiman cara melakukan pendaftaran BPJS sesuai dengan ketentuan yang berlaku, untuk itu mari kita simak beberapa informasinya. Untuk bisa menikmati BPJS Kesehatan sudah disinggung sebelumnya bahwa para peserta harus melakukan pendaftaran baik peserta umum ataupun yang lainnya. seperti berikut.

1. Mula-mula buka situs http://www.bpjs-kesehatan.go.id kemudian pilih menu "pendaftaran online" maka kalian akan diarahkan pada saat mengklik panel "Pendaftaran Online" seperti pada situs http://www.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/15/Pendaftaran-Peserta 

2. Bacalah semua ketentuan sebelum melakukan pendaftaran kemudian jika sudah setuju ceklist kolom kosong seperti pada gambar diatas kemudian klik "Pendaftaran".


3. Pada langkah selanjutnya anda akan ditukan pada halaman berikutnya pada tahap ini peserta BPJS harua memasukan nomor kartu keluarga dan kede captha sesuai yang tertera jangan lupa centang kotak dibawah. Ingat isi data pada kartu keluarga yang anda ingin daftarkan atau klik "inqury kartu keluarga". Jika sudah selesai klik "Proses selanjutnya".


4. Maka data yang telah anda entry seperti pada gambar diatas setelah seua sudah diisi dengan benar maka jangan lupa untuk mengklik "Proses selanjutnya" data seperti Kepala Keluarga, Istri dan Anak yang telah diisi seperti pada gambar, perlu diingat data yang didaftarkan hanya mereka yang ingin membuat BPJS Kesehatan.


 5. Pada tahap ini kalian akan diminta mengisi 16 poin formulir untuk memasukan nomor hp, no NPWP, data KTP, Rekening, Emai dan upload foto pilih katagori iuran dll, data yang ada yang dari inguiry sebelumnya bagi yang tidak bisa diklik berarti tidak perlu diubuh lagi jika sudah seleksai maka silahkan ikuti petunjuk selanjutnya.  Kemudian klik "Proses Selanjutnya"  apabila semua formulir sudah terisi dengan benar Seperti pada gambar diatas.


 6. Pada tahap ini kalian akan diminta untuk melanjutkan pendaftaran dengan menekan "kirim email" Pengisian berkas yang ada maka akan tampil seperti pada gambar anda akan diminta untuk membuka alamat email untuk meverifikasi pendaftaran dengan mengklik link pendaftaran dari situs BPJS Kesehatan seperti pada gambar pemberitahuan diatas.




7. Setelah Link aktivasi dilik maka akan tampil formulir seperti pada gambar diatas, selanjutnya masukan kode captca klik  klik tombol "Aktivasi" setelah itu maka akan tampi nomor virtual accont klik logo PDF untuk menampilkan nomor tetapi sebelumnya lakukan pembayaran melalui ATM, Teller Bank yang berkerja sama dengan BPJS Kesehatan, setelah itu anda bisa mencetak E-ID.

Kartu e-id hasil yang telah dicek seperti pada gambar diatas yang telah dicetak selamat menikmati BPJS Kesehatan hanya saja pembayaran Iuran dilakukan setiap bulan bukan hanya sekali, apabila para peserta BPJS Kesehatan menunggak, dan tidak membayar maka sebelum melunasi semua iuran tersebut Peserta BPJS tidak akan bisa digunakan.

Ketentuan Pemilihan iuaran dilaksanakan pada pengisian poin 5 yang sudah anda lakukan jangan sampai salah pilih, tetapi sedikit saran dalam menggunakan BPJS Kesehatan, pilihlah rumah sakit yang melayani BPJS Kesehatan dengan baik karena ada banyak rumah sakit yang kadang memandang peserta yang ingin berobat menggunakan BPJS Kesehatan kalau bisa hindari.

Ada banyak sekali rumah sakit di Indonesia yang memperlakukan dengan kurang baik para peserta BPJS Kesehatan, kita para Peserta BPJS Kesehatan harus bijak dalam memilih, seperti contoh admin yang berada di palembang memilih rumah sakit YK Madira sebagai rumah sakit untuk persalinan Istri Admin dengan menggunakan BPJS Kesehatan dengan pelayanan yang sangat memuaskan. Mungkin kalian bisa mencoba beberapa kali ganti rumah sakit untuk mengetahui bagaimana pelayanan di satu rumah sakit dengan rumah sakit lainnya. Kalian juga dapat memanfaatkan dokter keluarga pada pelayanan BPJS Kesehatan Semoga bisa membantu kalian semua terima kasih.