Pendaftaran Online PSDP Penerbang TNI 2017-2018

Rekrutmen-tni.mil.id - Info Cara untuk melalukan Pendaftaran secara Online seleksi PSDP Penerbangan khusus TNI melalui Perwira. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Pendaftaran dan Penerimaan untuk Seleksi PSDP Penerbang TNI nah bagi kalian yang berminat mengikuti seleksi ini bisa mengikuti beberapa ketentuan, apa sebenarnya PSDP Penerbang TNI setelah lulus nanti kalian akan jadi seperti apa, mungkin itu yang akan dibahas, hal yang tidak kalah penting adalah proses pendaftaran dan seleksi yang menjadi sangat penting untuk dibahas maka dari itu simak selengkapnya dibawah ini.

Secara keseluruhan pembahasan kita akan fokus pada proses awal dimana peserta mengikuti pendaftaran, mungkin sebagian besar dari kita belum mengetahui bagaimana untuk mengikuti seleksi masuk atau pendaftaran PSDP Penerbangan TNI harus mengikuti semua ketentuan Pendaftaran PSDP Penerbang, hal ini akan kita sampaikan seperti dibawah ini, TNI dalam hal ini andil sebagai salah satu penerbang kaitannya adalah Penerimaan Perwira.

Mungkin kalian penarasan dengan apa yang akan disampaikan nah beberapa kesempatan ini kita akan sampaikan sesuai ketentuan yang berlaku, jika kalian ingin mengikuti seleksi dan penerimaan untuk PSDP tentu akan memperhatikan beberapa hal yang wajib dipenuhi sebut saja seperti Persyaratan dan ketentuan lainnya, hal ini menjadi wajib dipenuhi jika memang ingin mengikuti seleksi masuk PSDP Penerbang TNI.

Berukut kami berikan beberapa informasi mengenai Pendaftaran dan penerimaan untuk PSDP Penerbang TNI, bagi yang berminat ada beberapa poin yang bisa dipenuhi sebagai kelengkapan Pendaftaran peserta harus memenuhi beberapa kriteria untuk penerimaan ini, beberapa Poin tersebut masuk dalam Syarat Pendaftaran Onine PSDP Penerbang TNI untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

  1. Warga Negara Indonesia Pria, bukan Prajurit TNI/Polri/PNS.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta memeluk salah satu agama yang diakui oleh Negara/Pemerintah RI.
  3. Setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara RI tahun 1945.
  4. Berusia setinggi-tingginya 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun 9 bulan pada saat pembukaan pendidikan pertama pada minggu pertama bulan Februari 2017.
  5. Tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  6. Tinggi badan minimal 165 cm dan panjang kaki minimal 100 cm.
  7. Memenuhi standar kesehatan & kesamaptaan jasmani prajurit TNI.
  8. Belum pernah nikah dan sanggup untuk tidak menikah, selama mengikuti pendidikan pertama dan selama 2 (dua) tahun setelah selesai pendidikan pertama.
  9. Bersedia melaksanakan Ikatan Dinas Pendek (IDP) keprajuritan selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai diangkat sebagai Letnan Dua dan dapat diangkat kembali menjadi prajurit karier sesuai dengan persyaratan.
  10. Bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh wilayah NKRI.
  11. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri.
  12. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan diharuskan : Memiliki surat persetujuan dari Kepala Jawatan/Instansi yang bersangkutan.
  13. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Perwira PSDP Penerbang TNI.
  14. Lulus pemeriksaan dan pengujian yang meliputi : - Administrasi; - Kesehatan calon Prajurit TNI untuk Penerbang; - Kesamaptaan Jasmani (Kesegaran Jasmani, Renang dan Postur); - Mental Ideologi; - Akademik; - Psikologi Penerbang; - Test bakat terbang.
  15. Berijazah serendah-rendahnya Sekolah Menengah Atas (SMA/MA) jurusan IPA dengan Nilai minimal sebagai berikut : 
  16. Lulusan tahun 2017 adalah Nilai Ujian Nasional rata-rata 60,00  dan tidak ada nilai mata pelajaran dibawah 55,00 di dalam kolom Nilai Akhir. 
  17. Lulusan tahun 2016 adalah Nilai Ujian Nasional rata-rata 65,00  dan tidak ada nilai mata pelajaran dibawah 60,00 di dalam kolom Nilai Akhir. 
  18. Lulusan tahun 2015 adalah Nilai Akhir rata-rata minimal 6.5 dan tidak ada nilai mata pelajaran dibawah 5.5 di dalam kolom nilai akhir. 
  19. Lulusan tahun 2014 adalah Nilai Akhir Rata-rata minimal 7 dan tidak ada nilai Mata Pelajaran di bawah 5,5 di dalam kolom Nilai Akhir.
  20. Lulusan tahun 2013 dan 2012 adalah Nilai Akhir Rata-rata minimal 7,5 dan tidak ada nilai Mata Pelajaran di bawah 6 di dalam kolom Nilai Akhir.
Bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus dan memenuhi semua poin Persyaratan tentu bisa melanjutkan proses pendaftaran dalam hal ini peserta yang berminat mengikuti seleksi harus melakukan pendaftaran pada situs resmi, langkah awal silahkan buka situs http://rekrutmen-tni.mil.id/ kemudian pilih beberapa ketentuan pendaftaran yang ada untuk lebih jelas kami akan memberikan petunjuk pendaftaran dibawah ini.

Setelah masuk ke situs resmi rekutmen-tni.mil.id kalian akan melihat beberapa daftar Pendaftaran Online yang ada pada pojok kiri situs kemudian bisa memilih dari salah satu jika ingin mengikuti PSDP Penerbang TNI kalian bisa langsung membuka link ini, yang perlu diperhatikan adalah fokus pada seleksi ini harus melihat jadwal pendaftaran kapan dibuka dan sampai kapan.

Jangan sampai kalian ketinggalan atau terlalu duluan mengikuti seleksi, sesuai ketentuan yang berlaku para peserta harus melakukan login terlebih dahulu jika belum silahkan buat pada panel sebelah kanan situs yang ada pada tampilan seperti dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini. Kemudian klik Daftar atau Registrasi


Untuk langkah selanjutnya peserta diminta melakukan pengisian beberapa biodata yang ada kaitan dalam pembuatan ini harus mengisi beberapa FOrm Pendaftaran Calon Prajurit Penerbang TNI meliputi Nama Lengkap, kemudian Tempat dan Tanggal Lahir, kemudian NIK/Nomor KTP, pada poin Jenis kelamin yang diizinkan mengikuti seleksi hanya Pria, sangat disayangkan para wanita tidak bisa mengikuti seleksi ini. lanjut pada email Pendaftaran, untuk lebih jelas dapat melihat contoh dibawah ini.



Beberapa contoh diatas merupakan hanya gambaran yang bisa digunakan untuk para calon pendaftar mengikuti seleksi diluar dari itu para peserta harus menyesuaikan tahun berapa mengikuti seleksi PSDP Penerbang TNI, dalam beberapa kesempatan yang sama kalian mungkin bisa mengambil kesimpulan ketentuan yang sudah dibahas merupakan tahap awal pendaftaran.

Nah untuk yang sudah melakukan pendaftaran login maka email kompirmasi dapat dilihat pada email yang telah anda daftarkan setelah itu jangan lupa diverifikasi pendaftarannya, langkah lanjutaran dari proses pendaftaran PSDP Penerbang TNI adalah mengisi semua formulir pendaftaran lainnya yang tertera pada situs http://rekrutmen-tni.mil.id/ perlu diingat bahwa form tersebut harus diisi sesuai identitas anda.

Nantinya semua Formulir Pendaftaran yang telah terisi dengan benar harus dicetak dan dilampirkan bersamaan persyaratan yang sudah dilengkapi, untuk diserahkan melalui kantor penerimaan PSDP Perbangan TNI, untuk yang belum mengetahui anda dapat lihat pada beberapa poin dibawah ini untuk lebih jelas simak selengkapnya daftar lokasi Pendaftaran.

  1. Panda NAD di Ajendam Iskandar Muda.
  2. Panda Sumbagut di Ajendam I/BB. Medan.
  3. Panda Riau di Ajenrem 031/WB, Pekanbaru.
  4. Panda Tg.Pinang di Lantamal IV, Tanjung Pinang
  5. Panda Sumbagsel di Ajendam II/Swj. Palembang.
  6. Panda Jawa Barat di Ajendam III/Slw. Bandung.
  7. Panda Jawa Tengah di Ajendam IV/Dip. Semarang.
  8. Panda DIY di Ajenrem 072/PMK, Yogyakarta.
  9. Panda Surabaya di Ajendam V/Brw. Surabaya.
  10. Panda Madiun di Ajenrem 081/DSJ, Madiun.
  11. Panda Malang di Lapetal, Malang.
  12. Panda Kalimantan Tim - Sel di Ajendam VI / Mulawarman, Balikpapan.
  13. Panda Kalimantan Bar-Teng di Lanud Supadio, Pontianak.
  14. Panda Sulawesi di Lantamal VI, Makassar.
  15. Panda Bali & Nusra di Ajendam IX/Udy. Denpasar.
  16. Panda Ambon di Ajendam XVI/Ptm. Ambon
  17. Panda Papua di Ajendam XVII/Cen. Jayapura.
  18. Panda Jaya di Ajendam Jaya, Jakarta.

Sebagaian besar berada pada Kota Propinsi meski ada beberapa yang berada di Kota selain itu kalian bisa melihat untuk yang belum mengetahui silahkan copy dan paste pada google Map untuk mengetahui lokasi yang ada, bagi yang merasa ragu dengan sistem penerimaan ini dapat menanyakan informasi ini langsung melalui Lokasi seleksi yang ada pada daftar tersebut dan kembali kompirmasi apakah pembukaan sedang dilakukan atau tidak.

Ada beberapa ketentuan yang menarik untuk dibahas seperti kita ketahui bahwa penerimaan PSDP Penerbang TNI ini tidak bisa diikuti sembarang orang harus ada kriteria Pendaftaran yang terlampir dalam Persyaratan yang telah disebutkan sebagai bahan pertimbangan untuk mengikuti Pendaftaran, jika sudah selesai kalian tinggal menunggu verifikasi berkas yang akan dilakukan oleh panitia, kemudian hasil Verifikasi akan disampaikan melalui kantor Ajen atau lainnya.

Bagi yang sudah dinyarkaan lulus verifiikasi berkas dapat mengikuti seleksi dengan mengikuti beberapa ketentuan seperti kita ketahui bahwa ada beberapa materi tes atau seleksi yang akan dilalui oleh para peserta yang telah disampaikan diatas tetapi untuk menyempurnakan informasi ini kami akan memberikan beberapa ketentuan tersebut seperti dibawah ini materi seleksi meliputi.

  1. Administrasi
  2. Kesehatan calon Prajurit TNI untuk Penerbang
  3. Kesamaptaan Jasmani (Kesegaran Jasmani, Renang dan Postur)
  4. Mental Ideologi
  5. Akademik
  6. Psikologi Penerbang
  7. Test bakat terbang.
Setelah semua tes diikuti para peserta akan sampai pada proses pengumuman lagi-lagi pengumuman untuk seleksi ini akan diumumkan melalui online pada situs http://rekrutmen-tni.mil.id/berita/pengumuman/pa-psdp-penerbang pada waktu yang telah ditentukan selain pada situs resmi peserta juga dapat melihat langsung hasil seleksi pada kantor atau Lokasi Seleksi yang ada. Bagi yang dinyatakan lulus kami ucapkan selamat.

Bagi yang belum bisa mencoba tahun berikutnya, semua informasi ini akan menjadi salah satu pengalaman berharga. Beberapa informasi tambahan seperti himbuan terus kami berikan kepada peserta, terhadap segala bentuk penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi PSDP Penerbangan TNI, karena bisasanya banyak sekali modus penipuan yang beredar secara beragam dengan meminta sejumlah uang untuk melancarkan proses kelulusan hal itu tidak benar. Selamat Mencoba.