Alur Pendaftaran Online Polisi/Polri 2017-2018

Polisi - info Alur untuk Pendaftaran khusus Online Polisi tahun 2017 simak Pendaftaran dan Penerimaan khusus Polri melalui Alur situs Pendaftaran secara Online seperti apa Pendaftaran. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam lagi mengenai Pendaftaran dan Penerimaan secara Online khusus Polisi apa saja yang harus dilakukan untuk lelbih jelas simak selengkapnya dibawah ini.

Secara umum pendaftaran Polisi dibagi dalam dua jenis diantaranya pendaftaran yang dilaksanakan secara Online dengan Pendaftaran Onffline untuk itu proses pendaftaran kedua ini sama-sama penting tetapi pada kesempatan kali ini kita akan fokus pada penerimaan dan pendaftaran yang dilaksanakan secara online saja mengingat pendaftaran Polisi tahun ini lebih panjang waktunya.

Saat ini penerimaan Pendaftaran Polisi dilaksanakan serentak mulai dari Pendaftaran AKPOL, BINTARA sampai dengan TAMTAMA, lalu apa bedanya dengan beberapa tahun silam, saat ini pendaftaran Polisi untuk pengisian formulir pendaftaran dilaksanakan secara online hal ini bertujuan untuk menimimalisir pendaftar ganda dengan satu orang sekagus memberikan data valid selain itu penerimaan yang dilaksanakan secara online tergolong lebih mudah.

Anda bisa melakukan pendaftaran dimana saja tempat dan kapan saja tidak seperti dulu sebelum pendaftaran dilaksanakan online untuk tebus formulir saja antri panjang dan berliku, nah tidak sedikit juga yang belum mengetahui secara pasti mengenai Pendaftaran ini. Perlu diingat bahwa pendaftaran Online Polisi hanya untuk pengisian formulir pendaftaran saja.

Diluar dari itu anda harus melakukan pendaftaran secara manual dengan datang membawa persyaratan yang ada dan menyerahkan untuk melakukan verifikasi, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa khusus pembahasan kali ini kita akan fokus pada Alur Pendaftaran Online Polis untuk lebih jelas mari kita simak beberapa mekanisme pendaftaran seperti dibawah ini.

Sesuai dengan ketentuan bahwa penerimaan dan jenis rekrtume polisi terdiri dari beberapa bentuk dan kelompok dinataranya adalah pemilihan Pendaftaran untuk AKPOL Taruna/i terbaik kemudian Bintara untuk Secaba Polisi baik Polwan atuapun lainnya, satu lagi bagi lulusan sarjana anda bisa memilih Bintara Khusus Penyidik Pembantu, dan yang terkahir adalah Penerimaan untuk Tamtama.


Alur Pendaftaran Online Polisi 

Pendaftaran Online dilaksanakan melalui situs remsi Penerimaan.Polri.go.id nantinya setelah mengakses situs resmi anda akan masuk pada pilihan jenis rekrutmen seperti dibawah ini.





Anda bisa memilih salah satu jenis rekrtumen seleksi yang ada pada situs resmi untuk warna kuning pendaftaran AKPOL, Kemudian Putih BINTARA lulusan SMA/SMK/MA sederajat, selanjutnya BINTARA Khusu Penyidik Pembantu untuk lulusan Sarjana, kemudina Merah untuk Tamtama. Selanjutnya anda bisa klik Daftar pada salah satu pilihan tersebut.

Nantinya anda akan diarahkan kepada proses selanjutnya yang tidak kalah penting yaitu pengisian formulir pendaftaran online polis, pada tahap ini anda harus mengisi beberapa data seperti asal polda, identitas, latar belakang pendidikan dan sumber rekrtumen, kemudian data orang tua atau wali, verifikasi pendaftaran, dan selanjutnya Daftar dalam proses pengisian anda bisa mengikuti beberapa ketentuan seperti dibawah ini.


1. Asal Polda dan Pol Res/Ta/Bes,

Pada pengisian pertama ini anda harus menentukan dimana anda akan mengikuti seleksi pendantaran polisi seperti contoh jika di sumatera selatan anda bisa mengisi provinsi tersebut atau tempat lainnya selanjutnya anda bisa memilih salah satu dari semua data ini dan kembali menyesuaikan pada proses lanjutnya.

2. Identitas Diri, 

Untuk identtitas diri anda harus disesuaikan dengan kartu tanda pengenal yang anda gunakan secara lengkap dan jangan samapi memiliki perbedaan seperti nama lengkap, umur dan lainnya dapat anda lihat pada panel pendaftaran sesuai dengan ketentuan yang ada kami rasa ini tidak begitu jauh berbeda dengan proses pengisian biodata pada umumnya.

3. Latar Belakang Pendidikan dan Sumber Rekrutmen, 

Pada proses ini anda harus mengisi semua riwayat latar belakang pendidikan yang pernah anda tempuh dari mulai SD, SMP, SMA sejenis sampai Sarjana sesuai dengan ijasah yang telah anda miliki hanya saja untuk lulusan penyetaraan seperti Paket A,B,C tidak bisa mengikuti seleksi Polisi karena sesuai persyaratan pendaftaran Polisi atau tidak diizinkan. Jangan lupa isi sumber rekrtumen pilihan anda seperi AKPOL, BINTARA, atau TAMTAMA.

4. Data Orang Tua, 

Data orang tua meliputi data Ibu kandung, Ayah Kandung atau bagi yang memiliki Ibu Tiri dan Ayah Tiri silahkan isi jika tidak kosongkan, selain itu anda bisa mengisi data wali anda tempat anda tinggal sekarang. Sesuai dengan petunjuk dan ketentuan yang berlaku gunakan Kartu Keluarga untuk panduna pengisian data orang tua atau saudara.

5. Akun, 

Jika anda masuk tahap ini berarti pendaftaran anda hampir selesai masuk pada tahap selanjutnya yaitu Verifikasi akun dengan ceklist mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku serta isi capta verifikasi dan password nantinya password tersebut digunakan untuk proses login dilan kesempatan atau perubahan data atau kebutuah login lainnya.
6. Daftar 

Ini terkahir jika semua proses dirasa sudah benar dan diperiksa usahakan semua data tidak salah atau sesuai dengan identitas masing-masing, selain itu anda harus klik Daftar pada tombol terkahir untuk mengirimkan berkas, setelah proses ini selesai anda sudah dinyatakan mendaftar secara online dengan benar.

7. Download dan Cetak Formulir Pendaftaran.

Selanjutnya adalah jangan lupa download dan cetak formulir nantinya semua berkas yang sudah tercetak digunakan untuk proses pendaftaran yang dilaksanakan secara offline atau manual tetapi tahap pendaftaran yang sudah dilaukan sudah cukup sampai disini seperti yang sudah dibahas bahwa anda bisa menggunakan data login yang sudah dibuat untuk login kembali melalui penerimaan.polri.go.id.

Pembahasan kita pada kali ini akan sampai pada alur pendaftaran online polisi saja diluar dari pendaftaran online anda harus melengkapi berkas persyaratan yang ada pada situs resmi kemudian menyerahkan secara manual ke kantor polisi tujuan pendaftaran, nantinya proses selanjutnya bisa anda tanyakan kepada panitia seleksi Polisi pada kantor tersebut.

Demikianlah semoga bisa memberikan manfaat jangan luap untuk terus update semua proses pendaftaran sesuai ketentuan yang berlaku untuk selanjutnya anda harus pastikan semua langkah pendaftaran online benar sedikit masukan harap berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan panitia seleksi Polri atau calon pendaftaran terima kasih selamat mencoba sampai ketemu lagi di panduan pendaftaran lainnya.