Pendaftaran SPCP CAPRA IPDN Online 2017-2018

CAPRA IPDN - Info Pendaftaran melalui CAPRA khusus IPDN tahun 2017-2018 simak Pendaftaran secara Online sampai Pendaftaran dilaksanakan situs SPCP khusus IPDN. Melalui Pendaftaran situs resmi IPDN .ac.id secara keseluruhan penerimaan akan dilaksanakan melalui online khusus untuk Pendaftaran dan Penerimaan CAPRA IPDN simak selengkapnya penerimaan dan pendaftaran khusus Online situs resmi IPDN. Seperti biasa pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran secara online secara lebih rinci dan jelas berikut informasinnya.

Secara Umum Penerimaan IPDN akan dilasakan pada bulan Agustus melalui Kabupaten dan Kota. Ayo siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi kedinasan satu ini, selain salah satu PTK yang menjamin mahasiswa setelah lulus langsung diangkat CPNS jaminan untuk hidup terjamin selalu menjadi damban termasuk salah satunya bisa kuliah di IPDN. Jika dilihat dari bentuknya IPDN merupakan sebauh sekolah tinggi ikatan dinas atau lebih dikenal dengan istilah Institut Pemerintah Dalam Negeri jika anda lulus bisa langsung bekerja dibawah kementerian pemerintah dalam negeri.

Biasanya orang awam menyebut IPDN sebagai sekolah calon Camat, karena rata-rata Camat yang ada itu lulusan IPDN, setelah menyandang gelar dengan jurusan yang dipilih maka dipastikan mahasiswa akan mendapatkan NIP dan mengikuti proses pengangakatan CPNS yang sudah dijelaskan, tetapi untuk bisa lulus bukan sebuah perkara mudah karena selain seleksi ketat dan jumlah peserta yang tergolong sangat banyak peminat sementara kuotanya sedikit.

Pendaftaran IPDN CAPRA IPDN Online 2017-2018.


Selain itu beberapa kabar mengejutkan juga sering kita jumpai di media masa, karena banyak sekali kasus perloncoan dan senioritas terjadi didalam sana, tidak tanggung korbannya sampai meninggal dunia hal ini dikarenakan sistem IPDN menggunakan semi militer, tidak jarang terjadi banyak kekerasan yang berdampak kematian, tetapi ini bukan tidak memiliki alasan sebab setiap masalah yang terjadi pasti ada sebab dan akibatnnya.

Pada kesempatan yang luar biasa ini, admin akan memberikan beberapa info mengenai pendaftaran CAPRA IPDN jika anda berminta mengikuti semua seleksi yang anda bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang telah ada, tetapi kami akan mengupasnya lebih dalam dan memberikan penjelasan secara rinci tujuannya bisa lebih dimengerti oleh peserta yang dimaksud, semoga informasi ini bisa memberikan manfaat kepada anda semua untuk lebih jelas simak selengkapnya dibawah ini.


Tata Cara Pendaftaran IPDN Online.
  1. Buka Portal spcp.ipdn.ac.id Portal Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN.
  2. Pada proses selanjutnya anda bisa melihat pengumuman, informasi Pendaftaran syaratan Pendaftaran, prosedur Pendaftaran.
  3. Selanjutnya mengisi dengan lengkap formulir pendaftaran meliputi Daftakan KTP/NIK, Nama, Tanggal Lahir, Password, Email akfitf.
  4. Nantinya anda harus melakukan registrasi melalui panel yang ada kemudian Peserta akan mendapatkan link notifikasi registrasi untuk melanjutkan pendaftaran melalui email aktif yang didaftarkan sebelumnya.
  5. Peserta Login ke http://spcp.ipdn.ac.id dengan email dan password yang dibuat pada waktu pendaftaran.
  6.  Peserta dapat melihat pengumuman dan tahap-tahap seleksi, serta hrus melengkapi biodata orang tua dan upload data dokumen (KTP, STTB, Photo).
  7. Verifikasi akan dilakukan oleh tim instansi Tim Verifikasi akan melakukan verifikasi berkas berdasarkan upload data dokumen untuk peserta yang dinyatakan lulus admintrasi dapat langsung cetak kartu peserta untuk melanjutkan ke tes TKD .
  8. Peserta dapat melihat status kelulusan melalui http://spcp.ipdn.ac.id semua proses seleksi tidak dipungut biaya hati-hati terhadap penipuan yang mengatas namakan panitia seleksi IPDN 2016.
  9. Peserta mendapatkan kartu bukti pendaftaran jika lulus admintrasi dapat dicetak kartu peserta. 

SPCP CAPRA IPDN akan dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan hal ini akan diumumkan melalui situs resmi yang sudah disebutkan jika semua berkas sudah disiapkan tetapi tahun 2016 ini diprediksi akan dibuka pada bulan Agustus selanjutnya untuk mendaftar anda harus melengkapi berkas berupa persyaratan meski terbilang banyak anda bisa lihat seperti penerimaan dibawah ini baik secara umum maupun secara khusus.


Persyaratan Admintrasi Pendaftaran SPCP CAPRA IPDN Online.
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2016 berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
  3. Nilai rata-rata Ijazah/ Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Madrasah Aliyah (MA) minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) dengan tahun kelulusan 2013, 2014, dan 2016.
  4. Pasfoto.
  5. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
  6. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali karena ketentuan agama/adat.
  7. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak sesuai dengan unsur pemeriksaan kesehatan.
  8. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  9. Bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan.
  10. Siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak.
Selain persyaratan admintrasi IPDN juga menyiapkan beberapa persyaratan dengan melampirkan persyaratan pendaftaran sebagai bukti pengesahan dan legalitas, ini juga wajib dipenuhi untuk anda peseta IPDN, apa saja berikut admin akan berikan beberapa keterangan dan informasi yang dimaksud melalui situs resmi yang sudah disebutkan simak selengkapnya dibawah ini secara rinci dan jelas untuk penerimaan dan pendaftaran online CPRAN IPDN harus melampirkan berkas persyaratan admintrasi.

  1. Fotokopi KTP (discan dan diupload pada saat pendaftaran online).
  2. Fotokopi Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (discan dan diupload pada saat pendaftaran online).
  3. Fotokopi Ijazah/STTB dilegalisir oleh pejabat yang berwenang (discan dan diupload pada saat pendaftaran online).
  4. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 4 x 6 cm (discan dan diupload pada saat pendaftaran online).
  5. Surat Keterangan Berbadan Sehat termasuk tinggi badan dari dokter pemerintah (puskesmas/RSUD).
  6. Biodata Calon Peserta Seleksi, sebagaimana dalam lampiran (di isi pada formulir online pada saat mendaftar yang tersedia pada website seleksi calon praja IPDN melalui alamat http://spcp.ipdn.ac.id).
  7. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orang tua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp. 6.000,- (dapat didownload di website dan dibawa ketika tes pantukhir).
  8. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui oleh orang tua/wali yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani di atas materai Rp.6.000,- (dapat didownload di website dan dibawa ketika tes pantukhir).
  9. Surat Pernyataan siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis dan ditandatangani di atas materai Rp.6.000,- ((dapat didownload di website dan dibawa ketika tes pantukhir).
  10. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata, ukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar, latar belakang merah; (dibawa ketika test dan Tes Pantukhir).
  11. Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita, ditujukan kepada Tim Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kampus Jatinangor bagi yang lolos sd tahap Pantukhir.
Ada sedikit berubah melalui penerimaan IPDN tahun 2016 jika dibandingkan tahun sebelumnya penerimaan masih banyak menggunakan sistem manual, sedangkan sekarang sudah memasuki era pendaftaran Online semua dimana semua peserta melakukan pendaftaran secara rinci melalui situs resmi yang telah disebutkan dengan mengupload semua berkas pendaftaran yang disebutkan kemudian isi semua berkas pendaftaran lainnya ikuti semua proses sampai selesai.

Informasi tambahan bahwa pendaftaran IPDN tahun 2016 akan dilaksanakan sesuai dengan arahan Rektor IPDN bahwa akan dilaksanakan pada bulan Oktober untuk ketetapan waktu dan tanggalnnya akan dilaksanakan dan diuraikan secara rinci mengenai pendaftaran online situs resmi untuk lebih jelas akan dibahas seperti dibawah ini, untuk situs resmi seusai dengan ketetapan atau bisa dilihat melalui sapa.ipdn.ac.id secara online.

Demikianlah informasi yang bisa admin berikan sedikit himbauan, Pendaftaran IPDN akan dilaksanakan secara online hati-hati terhadap segala bentuk penipuan karena ada banyak sekali oknum yang mengatas namakan IPDN, pendaftaran dan proses seleksi sampai selesai tidak dipungut biaya apapun alias gratis, admin doakan semoga lulus IPDN sesuai dengan yang diharapkan amin. Terima kasih.