Pengumuman Beasiswa Ristek DIKTI SBMPTN 2017-2018

DIKTI- Info Pengumuman khusus Beasiswa jalur DIKTI melalui beasiswa.dikti.go.id  beberapa pengumuman kabar beasiswa situs dikti simak pengumuman berdasarkan pengumuman putusan Beasiswa DIKTI. Pemerintah saat ini tengah memperhatikan pendidikan di Indonesia melalui dikti, pemerintah memberikan sejumlah beasiswa bagi mereka yang tidak mampu maupun beasiswa prestasi.

Melalui beasiswa bidik misi untuk program S1 dan beasiswa dalam negeri untuk S2 dan S3 serta beberap beasiswa luar negeri bagi yang mampu dan mau berusaha. Siapa saja saat ini bisa mengusahakan untuk dapat beasiswa asal mau belajar dan terus berdoa serta berusaha karena saat ini pemerintah tengah memprioritaskan bagi mereka yang berprestasi dan kurang mampu.

Memang untuk beasiswa bidik misi saat ini sudah banyak sekali peminat dan pendaftar setiap tahun. Tetapi untuk beasiswa DIKTI khusus S2 dan S3 masih sangat jarang peminatnya dan peluang untuk lulus masih sangat berbuka lebar. Ada beberapa pengalaman yang bisa diambil seperti dari sahabat kakak saya sendiri yang telah menyelesaikan studi S2 di Universitas Negeri Jakarta.



Mahasiswa yang akrab dipanggil dengan Yuarto, memang tinggal di daerah bisa dikatakan jauh dari pusat kota sedikit mengulas profilnya selama sekolah ia sudah dikatakan sukses karena sejak S1 sampai kuliah S2 tidak pernah satu rupiah mengeluarkan uang. S1 sendiri ia masuk melalui jalur beasiswa daerah berasrama di Universitas Sriwijaya dan S2 kembali memperoleh beasiswa dari dikti di Universitas Negeri Jakarta.

Beberapa hari yang lalu kami bertemu jalan tanpa sengaja, disana saya manfaat kesempatan yang langkah tersebut untuk mewawancarainya bagaimana cara mendapatkan beasiswa DIKTI, Ia memberikan bocoran bahwa sebenarnya beasiswa DIKTI tersebut sekarang masih sangat jarang yang tahu cara mendaftarnya tentu peluang juga masih terbuka.

"Beasiswa DIKTI yang diberikan seperti beasiswa dalam negeri masih jarang sekali peminatnya, alasanya sih sepele karena masih sedikit yang tahu, Jadi saran saya kalau bisa kamu lanjut S2 dan mendaftarkan Beasiswa DIKTI karena peluang Lulus masih sangat besar" Ujarnya.

Ketidak tahuan akibat minimnya sosialisasi yang dilakukan memang menjadi salah satu penyebab terutama karena akses informasi beasiswa ini masih sedikit yang menulisnya. Selain itu admin sempat menanyakan setelah nanti ikut tes bagaimana kita mengetahui pengumuman Beasiswa DIKTI tersebut kepada beliau, ia pun menyampaikan bahwa pendaftaran memang dilakukan secara online tetapi untuk pengumuman biasanya kembali pada kampus masing-masing.

"Kalau mau cek pengumuman Beasiswa DIKTI S2 dan S3 baik dalam negeri maupun luar negeri menurut pengalaman saya kemarin bisa mengakses pengumuman langsung melalui kampus tempat kita tes misalnya di UNJ pengumuman Beasiswa DIKTI akan di umumkan disana selain itu juga bisa login ke beasiswa.dikti.go.id untuk cek pengumuman" tendas beliau

Dari beberapa wawancara tadi bahwa menyebutkan ada dua cara untuk cek pengumuman Beasiswa DIKTI baik secara langsung maupun melalui situs ada baiknya lihat uraian dibawah ini simak selengkapnya dibawah ini Pengumuman Beasiswa DIKTI.

  • Untuk pengumuman Beasiswa DIKTI dapat dilakukan melalui situs resmi atau datang kekampus perguruan tinggi negeri tempat kita mendaftar karena biasanya hampir 70 % proses pendaftaran sampai pengumuman untuk S2 dan S3 dilakukan oleh pihak kampus secara offline.
  • Selain bisa secara langsung anda juga bisa mengakses pengumuman melalui situs resmi dikti.go.id di portal beasiswa.dikti.go.id kemudian login dengan username dan pasword yang telah digunakan untuk mendaftar sebelumnya jika anda dinyatakan lulus maka nama anda ada disana berserta keterangan yang terdapat disana.
Tidak hanya beasiswa S2 dan S3 saja yang sempat admin tanyakan tetapi untuk beasiswa S1 juga admin sempat menanyakan apakah sama untuk akses pengumuman beasiswa S1 bang, beliau menjawab bahwa kalau S1 agak berbeda untuk melakukan pengecekan silahkan ke di link Pengumuman Beasiswa Bidik Misis S1  karena proses pendaftaran dan rekrutmen yang dilakukan sedikit berbeda untuk S1 tetapi yang perlu di ingat bahwa beasiswa bidik misi merupakan bagian beasiswa yang diberikan DIKTI untuk S1.

Admin kira semua informasi yang telah dirangkung juga cukup jelas untuk anda yang mendaftar beasiswa DIKTI dalam negeri mapun luar negeri proses yang dilakukan sama saja, sebagai salah satu keunggulan dari beasiswa DIKTI adalah diberikan beasiswa secara penuh dan nanti bisa ditempatkan oleh DIKTI untuk menjadi calon dosen ataupun guru sesuai dengan pendaftaran jadi siapa yang tidak mau kuliah dibiaya pemerintah setelah lulus diberikan kerja.