Pendaftaran Online UM-PTKIN 2017-2018

UM PTKIN - Info Pendaftaran secara Online UM PTKIN tahun 2017 terdiri Pendaftaran melalui UM PTKIN kapan Online dilaksanakan UM PTKIN khusus Pendaftaran selanjutnya UM PTKIN. Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri Pada kesempatan yang paling berbahagia ini admin akan membahas mengenai pendaftaran secara online UMPTKIN.

Apa itu UMPTKIN ? memang sebagian dari mereka belum mengetahui apa sih UMPTKIN, seperti yang telah kita bahas sebelumnya UMPTKIN adalah seleksi masuk perguruan tinggi untuk keagamaan jadi bagi anda yang berminta kuliah disalah satu UIN, IAIN, atau STAIN yang ada di Indonesia bisa mengikuti semua petunjuk pendaftaran yang akan dibahas secara lengkap disini.

Seperti biasa jika sebelumnya admin membahas mengenai PTN untuk kali ini juga tidak kalah seru pembahasan mengenai UMPTKIN, apa yang harus anda lakukan untuk proses pendaftaran caranya cukup mudah tinggal ikuti prosedur pendaftarannya. Apa dan bagaimana cara mengisi borang serta lainnya. Penerimaan untuk Perguruan Tinggi Keagmaan memang sedikit berbeda dengan jalur lainnya.



Pendaftaran Online UMPTKIN

Meski ada beberapa PTAIN sudah ikut jalur SNMPTN dan SBMPTN, tetapi jalur ini masih dibuka untuk umum terutama bagi mereka yang mengincar Perguruan Tinggi Keagamaan seperti contoh UIN Jakarta dan lainnya. Seleksi ini mirip dengan SBMPTN dimana yang digunakan adalah sitem tertulis ada beberapa tahapan untuk mendaftar jalur ini diantaranya adalah ikuti petunjuk Pendaftaran Online UMPTKIN dibawah ini.

1. Membayar Biaya Ujian ke Bank Mandiri seluruh Indoensia dengan menyebutkan No. KTP atau No. SIM atau NIK (Lihat di Kartu Keluarga). Jika anda bingung bayarlah melalui teler dan tanyakan kepada satpam bank hendak membayar apa dan berapa jumlah. Nanti petugas akan menunjukan cara yang harus dilakukan.

2. Langkah kedua anda akan mendapatkan Username dan Password dari bank Mandiri (Tertera Pada Bukti Pembayaran. Nantinya digunakan untuk proses pendaftaran melalui situs resmi pada langkah selanjutnya jangan beritahukan kepada siapa pun mengenai Pasword adan Username kecuali dibutuhkan.

3. Langkah kedua masukan Usename dan Pasword yang sudah anda miliki melalui situs resmi UMPTKIN berikut linknya http://um-ptkin.ac.id masukan capta yang tertera pada login sebagai bukti anda bukan robot. jika sudah selesai klik Login.

Langkah selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftaran dan borang yang ada, pertanyaan apakah anda sudah bisa mengisi atau belum. Cukup mudah tinggal ikuti saja sesuai petunjuk, Jika anda masih bingung dengan tutorial yang diberikan harap mengikuti petunjuk Pendaftaran Online UM-PTKIN dibawah ini simak selengkapnya.

4. Setelah anda masuk sesuai dengan poin nomor 3 maka anda harus segera mengisi beberapa formulir yang masih kosong dibawah ini Poin lanjutan adalah Pada form pertama, masukkan identitas diri dan data orang tua. Untuk isian pendaftar dan nama lengkap tidak dapat diubah setelah data dimasukkan, jadi hanya diberi kesempatan sekali saja. Klik tombol “Lanjut ke Tahap 2” untuk isi form selanjutnya.

5. Pada form kedua, masukkan sekolah asal, pondok pesantren dan lain-lain. File foto juga dapat diupload dengan ketentuan berkapasitas kurang dari 100 Kb dan berekstensi .jpg, .jpeg, .pjpeg. Nama file foto yang diupload adalah User ID, contoh : Populer Web.jpg. File foto tidak dapat disimpan jika tidak memenuhi kriteria di atas. Jika kesulitan upload foto, tidak perlu di upload tetapi di tempel manual di kartu ujian. Klik tombol “Lanjut ke Tahap 3” untuk isi form selanjutnya.

6. Langkah selanjutnya adalah Pada form ketiga, masukkan kelompok program studi yang akan dipilih yaitu IPA, IPS atau IPC . Klik tombol “Lanjut ke Tahap 4” untuk isi form selanjutnya.

7. Selanjutnya Pada form keempat, masukkan perguruan tinggi dan program studi yang dipilih serta tempat lokasi ujian. Yang harus diisi adalah prodi pilihan pertama, sedangkan untuk prodi pilihan kedua dan ketiga tidak harus diisi. Untuk form ketiga ini tidak dapat diubah jika data sudah dimasukkan. Klik tombol “Selesai”.

8. Akan muncul konfirmasi pengisian form pendaftaran. Setelah Anda yakin dengan pilihan Anda, klik tombol “OK” untuk mengakhiri isian form.

9. Setelah mengisi keempat form di atas, maka akan ditampilkan data yang sudah dimasukkan. Klik tombol “Download Kartu Ujian” yang ada di sebelah kanan atas untuk mendownload kartu ujian.

10. Kartu ujian yang sudah didownload berupa file pdf yang dapat dibuka memakai program Acrobat Reader, Foxit Reader atau program pembaca format pdf yang lainnya. Cetak kartu ujian tersebut pada kertas legal atau folio.

11. Jika sudah selesai maka silahkan untuk mencetak kartu peserta UM-PTKIN yang sudah anda miliki selanjutnya langkah terakhir yang harus dilakukan adalah ya Prin Out kartu peserta.

12. Mengikuti seleksi yang ada Jika anda belum mengetahui jadwal tes serta tempat anda harus cek terlebih dahulu kapa pelaksanaan tes dilakukan sesuai petunjuk disitus resmi.

13. Pengumuman Hasil Jika anda sudah pasti mengikuti tes tahap ini menjadi penentu apakah anda lulus atau tidak bergantung dari hasil tes yang anda ikuti tetapi apaun hasilnya pasti menjadi yang terbaik untuk anda semua.

Bagiaman sudah cukup jelas bukan ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mendaftar jika tidak mau pusing anda tinggal mengikuti petunjuk pendaftaran yang tertera pada situs ini dari uraian diatas maka dapat disimpulkan Pendaftaran Online UMPTKIN dilakukan dengan 13 cara mudah mulai langkah pertama sampai dengan langkah ke tigabelas termasuk pengumuman hal ini dilakukan cukup mudah.

UM PTAIN adalah salah satu jalur tertulis yang bisa anda ikuti terutama bagi peserta yang memilih UIN, IAIN dan STAIN yang ada di Indonesia demikianlah info yang bisa admin berikan semoga bisa memberikan manfaat jangan lupa untuk pastikan update pendaftaran UMPTKIN lainnya admin doakan semoag lulus UMPTKIN sesuai dengan yang diharapkan pastinya lulus dengan murni amin ya Rob.