Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN 2017-2018

Bidik Misi SBMPTN- Berikut Pendaftaran khusus Beasiswa program Bidik Misi sekarang 2017 jalur SBMPTN dibuka Pendaftaran situs Bidikmisi.Dikti.go.id kemudian SBMPTN.or.id simak Beasiswa Bidik Misi. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri adalah seleksi yang dilakukan melalui tes tertulis dilaksankan setelah seleksi undangan nah bagi anda yang ingin mengikuti seleksi jalur ini terutama khusus beasiswa bidik misi anda bisa ikuti informasi ini.

Untuk mendapakan beasiswa bidik misi seleksi melalui SBMPTN ada beberapa hal yang harus diperhatikan terutama jangan sampai salah memilih jalur yang tersedia, untuk mendaftar Beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda harus memastikan bahwa pendaftaran SBMPTN sudah dibuka hal ini ditandai dengan situs resmi seleksi sudah mengumumkan jadwal pembukaan pendaftaran.

Cara mendaftarnya tidak jauh berbeda dengan proses pendaftaran beasiswa Bidik Misi SNMPTN hanya saja pada saat pemilihan seleksi anda harus mengisi SBMPTN kemudian isi sesuai data diri, jika anda belum mengerti apa yang admin maksud, jangan cemas pada kesempatan kali ini admin akan menguraikan mengenai pendaftaran beasiswa Bidik Misi Seleksi SBMPTN dan Video Tata Cara Pendaftaran SBMPTN 2017 Lengkap secara keseluruhan melalui tahap awal yang bisa anda ikuti.


Pendaftaran Bidik Misi SBMPTN


Secara umum seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa beaiswa bidik misi memiliki 5 seleksi diantaranya adalah SNMPTN, SBMPTN, Mandiri PTS dan Mandiri PTN serta Undangan Mandiri, nah sebegai tahap awal adalah SNMPTN selanjutnya yang akan dibuka adalah SBMPTN untuk itu admin akan membahas mengenai Bidik Misi SBMPTN simak selengkapnya.

Beasiswa Bidik Misi adalah beasiswa yang diberikan pemerintah melalui DIKTI untuk dapat digunakan yang menjadi katagori Penerima Beasiswa ini adalah mereka dari golongan ekonomi menengah kebawah atau bahkan kurang mampu agar bisa menlanjutkan kuliah, saat ini pemerintah tengah memperhatikan mahasiswa yang kurang mampu agar tetap melanjutkan sekolah perguruan tinggi.

Dengan harapan dapat mengubah dan mendapatkan pengidupan yang layak serta mengangkat status sosial melalui pendidikan, tidak heran ada banyak sekali pelajar yang menginginkan beasiswa ini, dengan harapan bisa kuliah gratis. Untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi anda harus memenuhi Persyaratan Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi terlebih dahulu.

Disisi lain cukup mengejutkan karena ada banyak sekali pelajar Indonesia yang belum mengetahui cara mendaftar beasiswa ini, selain itu proses panjang pendaftaran sering membuat calon mahasiswa ini menyerah padahal jika diikuti secara keseluruhan proses tidak terlalu ribet sih, hanya saja seperti yang sudah admin singgung proses pendaftaran agak panjang.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas mengenai Pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN, seperti yang sudah dibahas sebelumnya pendaftaran akan dilaksanakan dalam beberapa tahapan tetapi khusus pada postingan kali ini kita akan lebih fokus membahas mengenai Bidik Misi SBMPTN, pasti ada banyak sekali pertanyaan yang melintas diotak calon peserta seperti "Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Bidik Misi.

Untuk mendapatkan beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda bisa mengusulkan secara mandiri atau Melaui Pendaftaran Manual Beasiswa Bidik Misi bisa dibilang bisa diusulkan perseorangan untuk mendaftar beasiswa bidik misi ini anda cukup mengakses informasi mengenai pendaftaran bidik misi melalui situs resmi kemudian ikuti prosedur pendaftaran seperti yang tertera dibawah ini.

  1. Buka situs resmi Bidikmisi.dikti.go.id kemudian pilih "Siswa/Alumni".
  2. Jika anda belum memiliki Login anda harus pilih "Belum Punya Akun" dibawah dekat panel login.
  3. Kemudian ada beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk membuat akun bidik misi salah satunya adalah nomor rekening atas nama anda sendiri sekaligus nantinya nomor ini akan digunakan untuk penerima dana beasiswa pendidikan.
  4. Jika anda sudah login anda akan menemukan beberapa panel seperti "Biodata" isi semua berkas sampai selesai.
  5. Selanjutnya anda akan menemukan panel disebelahnya mengenai "Data Prestasi" selama sekolah ini sama isi sesuai petunjuk yang ada.
  6. Selanjutnya ada juga panel disebelahnya lagi mengenai "Data Keluarga" memuat mengenai keluarga anda secara utuh beserta hubungan ini juga sama isi sesuai petunjuk yang ada.
  7. Lanjut kalau sudah selesai klik panel yang ada dibawah nya berisi mengenai "Kondisi Rumah" pada tahap ini anda akan mendeskresipskan mengenai kondisi rumaha anda secara rinci.
  8. Yuk berikutnya ada panel mengenai "Aset Keluarga" yang dimiliki keluarga anda kemudian isi secara lengkap.
  9. Selanjutnya adalah panel "Kondisi Ekonomi" pada tahap ini anda akan menemukan beberapa panel yang berisi mengenai ekonomi keluarga anda jadi isi dengan lengkap.
  10. Dalam proses pengisian formulir secara Manual anda diminta untuk memasukan bukti "Upload Foto" setiap pengisian dengan ukuran maksimal 300 kb atua lebih rincinya 400x600 pixel.
  11. Semua berkas terisi anda secara otomatis anda juga diminta untuk mengisi berkas "Rencana Studi" beruba rincian dimana anda akan tinggal dan transportasi secara rinci.
Sampai pada tahap ini semua berkas harus terisi dengan lengkap tidak ada yang kosong kemudian jika sudah selesai sistem bidik misi akan langsung memproses sampai pada langkah selanjutnya disinilah Calon penerima bidik misi mulai mengelompok sesuai dengan pilihan Seleksi dimana proses ini akan menentukan beasiswa jalur seleksi yang anda pilih. Untuk memilih seleksi jalur Beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda harus memilih panel seleksi "SBMPTN".

Kemudian isi sesuai dengan yang tertera pada formulir jika semua telah teris dengan lengkap anda tinggal panel isi Capta dan klik "Simpan". Kemudian pendaftaran anda akan diproses, selanjutnya yang harus dilakukan adalah klik untuk "Cetak Kartu Peserta" hal ini sudah menjadi langkah terakahir apabila anda memilih beasiswa bidik misi SBMPTN tidak lupa anda akan diminta untuk "Cetak Data Pribadi".

Jika sudah selesai tetapi berkasi tidak mau dicetak berarti ada ukuran foto yang masih kebesaran atau kekecilan jadi anda perlu mengeset ulang pada panel "Kompres Foto" terakhir semua akan selesai jika sudah sesauai. Tahap pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda sudah selesai tinggal ikuti Pendaftaran SBMPTN lanjutan melalui situs resmi SBMPTN untuk itu langsung simak dibawah ini.

  • Setelah anda menyelesaikan pendaftaran melalui situs resmi Bidik Misi anda juga harus mendaftar melalui jalur SBMPTN di Pendaftaran.SBMPTN.or.id ini merupakan proses lanjutan.
  • Selanjutnya anda tinggal mengikuti prosedur pendaftaran yang ada yang terpenting adalah anda harus membayar biaya pendaftaran SBMPTN melalui bank Mandiri sesuai dengan jumlah pendaftaran SBMPTN pada umumnya.
  • Lanjut pada proses pendaftaran yang membedakan anda dengan pendaftaran non bidik misi terletak dalam pengambilan "PIN dan KAP" yang ada disitus tersebut untuk bidik misi harus mengikuti prosedur penukaran KAP.
  • Kemudian pada proses menjelang terakhir anda juga akan memasukan beberapa berkas tambahan melalui "Validasi Bidik Misi SBMPTN" dengan mengisikan nomor pada kartu bidik misi anda kemudian PIN dan KAP yang ada pada kartu bidik misi.
  • Jika sudah selesai anda juga harus menyelesaikan pendaftaran SBMPTN anda dengan mengisi Borang dan Portopolio.
  • Jika sudah selesai klik "Kirim" maka berkas akan diproses dan selesai tidak lupa isi Capta.

Sebagai tahap terakhir pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN anda harus "Cetak Kartu Peserta SBMPTN" dan "Cetak Bukti Pembayaran SBMPTN" yang sudah diisi dengan benar sebelumnya, Nah bagi anda yang belum jelas mengenai Pendaftaran SBMPTN anda bisa mengikuti prosesnya melalui Pendaftaran Online SBMPTN. Nantinya ada beberapa berkas yang sudah dicetak, gunanya dibawah sewaktu tes.

Untuk tempat dan waktu tertera pada Kartu SBMPTN anda sehari sebelum tes anda harus mengecek lokasi tes dan menyiapkan alat tulis seperti Pensil, Penghapus, dan Papan Ujian bawa kartu yang sudah dicetak beserta Ligalisir Ijasah atau SKHU, KK dan kartu pengenal lainnya seperti kartu pelajar. Tes akan dilaksanakan sesuai jadwal yang ada.

Sampai pada proses ini dipastikan anda sudah menyelesaikan 100% pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN, dari beberapa informasi diatas dapat disimpulkan pendaftaran Beasiswa Bidik Misi SBMPTN adalah peluang besar yang bisa anda ikuti dan bisa diajukan secara peseorangan jadi silahkan mencoba, jangan kwatir meski anda tidak diremenasikan oleh sekolah anda tetap bisa mendaftar.

Demikianlah informasi yang dapat admin sampaikan semoga bermanfaat jangan lupa untuk memastikan proses pendaftaran yang anda lakukan sesuai dengan petunjuk Pendaftaran, Beasiswa yang anda usulkan bisa diterima tetika anda sudah dinyatakan lulus dari seleksi pilihan anda, admin doakan semoga lulus SBMPTN Bidik Misi sesuai yang diharapkan amin. Untuk mengakses hasil seleksi anda dapat mengklik di Pengumuman SBMPTN dan Pengumuman Beasiswa Bidik Misi terima kasih.