Biaya Kuliah UI 2017-2018

Biaya UI- SIMAK Kuliah melalui Biaya Pendidikan atau Kuliah khusus UI tahun 2017 untuk Biaya bagi Kuliah umum UI Reguler Biaya yang Kuliah Khusus UI Kelas UI Khusus, Internasional Kuliah. Universitas Indonesia adalah perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia bergerak dalam beberapa bidang seperti kedokteran dan Psikologi pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Biaya Kuliah UI simak selengkapnya dibawah ini.

Terkadang saat menulis dan membahas tentang UI hati ini selalu bergetar, jadi ingat semasa sebelum sekolah kalau ditanya mau Sekolah dimana, Jawabnya UI, setelah masuk SD menuju SMP masih sama pertanyaannya Mau sekolah dimana UI, sampai SMP menuju SMA tetap saja jika ditanya mau sekolah dimana tidak peduli apa dan bagaimana UI tetap jawaban itu, sampai saat ini SMA kuliah S1 tetap sama jika ditanya mau kuliah dimana.

Hingga saat ini setelah lulus kuliah jika ditanya mau kuliah S2 dimana tetap sama yaitu UI, terkadang sampai bermimpi ingin kuliah di kampus UI, dulu kendala untuk kuliah disana adalah biaya yang besar, sampai saat ini meski belum mendaftar di UI, rasanya ingin sekali kuliah di kampus itu, tapi ada banyak halangan salah satunya adalah tidak tahu dan belum pernah ke UI maklum anak desa jauh disumatra. Tapi admin percaya bahwa suatu saat nanti akan bisa kuliah di UI.



Entah kapan yang pasti keingin kuliah di UI akan terus ada, yang masih menjadi titik berat adalah besaran biaya yang harus dikeluarkan cukup fantastis jika dibandingkan dengan kampus lain, hanya bisa berdoa agar ada kesempatan kuliah disana, Saat ini Universits Indonesia menerapkan beberapa sistem Biaya Kuliah kalau dulu pertama admin ingin mendaftar di UI biaya masuk tahun 2010 uang pangkal 23 jt tapi saat ini sudah berubah menjadi UKT sedikit berbeda dengan tahun-tahun lalu.

Berdasarkan keputusan pemerintah melalui UI ada beberapa dampak positif setelah dirubah sistem biaya UKT kuliah saat ini UI memberikan kesempatan yang sama kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bisa kuliah di UI dan membebaskan uang muka serta biaya operasional kuliah untuk jalur reguler adapun beberapa ketentuan Biaya Kuliah UI atau UKT seperti tertera dibawah ini.

Ketentuan Biaya Kuliah UKT UI.

Biaya Kuliah Sesuai Kemampuan | BOPB=x% biaya ditanggung orang tua/penanggung jawab pendidikan, Biaya yang ditanggung UI beasiswa Universitas=100-x% BOPB hanya berlaku untuk program pendidikan S1 Reguler
Dengan kata lain BOPB atau biaya kuliah yang disesuaikan dengan katagori kemapuan secara ekonomi keluarga hanya jalur Reguler S1 sementara untuk jalur lain ketentuan besaran biaya bergantung pada Fakultas yang ada, akreditasi kampus tanpa lagi memilirkan biaya kuliah sesuai BOPB, jadi bagi anda yang ingin kuliah di UI dengan biaya yang cukup murah cobalah untuk mengambil program S1 Reguler.

Kendala masuk UI adalah biaya yang cukup mahal jika dibandingakan dengan program lain selain dari pada Reguler S1, selain itu untuk masuk UI tidaklah mudah sebab ada banyak perserta yang berebut untuk masuk UI dan passing graed terbilang tinggi hampir sama seperti UGM dan ITB, jadi bagi mereka yang lulus UI Reguler juga bisa pindah kampus seperti ke UGM dan ITB, ITS Untuk besaran biaya berlaku BOPB adapun ketentuan BOPB UI sebagai berikut ini.

1. Biaya Kuliah UI Kelompok Rumpun ILMU KESEHATAN, ILMU SAINS TEKNOLOGI, S1 Reguler UI.


2. Biaya Kuliah UI Kelompok Rumpun ILMU SAINS DAN TEKNOLOGI, ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA, S1 Reguler UI.

 3. Biaya Kuliah UI Kelompok Rumpun ILMU SOSIAL DAN HUMANIORA S1 Reguler UI.


Adapun biaya kuliah ataupun biaya pendidikan UI Non BOPB yang sudah ditetapkan oleh kampus dan BOP untuk Program Pendidikan VOKASI, biaya lengkapnya dapat dilihat dibawah ini melalui beberapa jalur masuk seperti SIMAK UI, SNMPTN,dan SBMPTN berikuti informasi dibawah ini tabel diata adalah biaya program VOKASI, sementara untuk yang tabel sebelah kiri Biaya Pendidikan S1 kelas Paraler dan sebelah kanan Kelas Khusus Intenasional.


Biaya Kuliah UI

Adapun beberapa ketetap dari UI mengenai besaran biaya kuliah Besaran BOP B yang dibayar per semester minimal Rp 100.000 dan maksimal Rp 5.000.000 untuk program studi kelompok IPS yakni FIB, FISIP, FPsi, FH, FE. Sedangkan untuk program studi kelompok IPA yakni FK, FKG, FT, FASILKOM, FKM, FMIPA, FIK, F.Farmasi minimal Rp 100.000 dengan maksimal Rp 7.500.000.

Untuk proses penetapan Biaya Kuliah UKT UI ada beberapa pertimbangan diantaranya, Surat keterangan dari lingkungan tempat tinggal, Bukti penghasilan perbulan/pertahun, Bukti pengeluaran perbulan/pertahun dan sebagainya. Bagaimana anda berminat untuk kuliah di UI, tentunya siapa yang tidak mau kuliah di salah satu Universitas dan PTN terbaik Indonesia, sebagai tatan biaya kuliah UI akan dilakukan sepanjang semester sistem UKT saat ini, besaran biaya kuliah UI akan tetap sama setiap semesternya.

Dari beberapa informasi diatas bahwa dapat disimpulkan ada beberapa ketentuan Biaya Kuliah UI yang menggunakan Uang Kuliah Tunggal seperti S1 Reguler dan Vokasi, yang akan disesuaikan dengan BOPB atau penghasilan orang tua, diluar dari dua jalur tersebut maka UI tidak menggunakan sistem BOPB, jadi jangan sampai salah memilih ya karena besaran biaya akan terlihat sangat berbeda dan tergolong cukup besar diluar dari BOPB.

Demikianlah informasi seputar Biaya Kuliah di UI jangan lupa untuk terus mengupdate informasi seputar biaya pendidikan lainnya, admin doakan semoga dalam proses penetapan UKT anda akan berjalan dengan lancar dan sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tua mengingat saat ini PTN menggunakan sistem Uanga Kuliah Tunggal atau dengan kata lain tanpa uang pangkal untuk katagori yang telah disebutkan. diluar dari itu seperti S2 atau biaya kuliah kelas Internasional dan beberapa formasi lainnya masih menggunakan uang pangkal. Semoga bermanfaat terima kasih.