Pendaftaran Online IPDN 2017-2018

IPDN- Kemendagri Pendaftaran secara Online untuk IPDN tahun 2017 melalui www.ipdn.ac.id atau ipdn.kemendagri.go.id kemudian Pendaftaran dilaksanakan Online khusus IPDN. Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai pendaftaran khusus IPDN simak selengkapnya dibawah ini.

Mungkin kebanyakan pelajar masih belum tau apa itu IPDN, memang selama ini identik dengan pemberitaan kekerasan, dan IPDN juga lebih dikenal dengan istilah calon Camat se Indoensia, nah untuk itu kita akan bahas secara keseluruhan dan lengkap hanya disini,  Institut Pemerintahan Dalam Negeri adalah salah satu lembaga perguruan tinggi kedinasan yang dilakukan melalui seleksi kota dan kabupaten.

Prioritas untuk peserta adalah lulusan SMA/SMK dan sekolah menengah atas umum lainnya sederajat, IPDN merupakan lembaga dibawah naungan kementerian dalam negeri, jadi nantinya setelah lulus dari IPDN mahasiswa akan langsung mendapatkan NIP dan akan ditugaskan menjadi seorang Camat dan siap ditempatkan seluruh Indonesia.


Pendaftaran Online IPDN


IPDN memang perguruan tinggi khusus, tetapi diluar dari itu ada banyak komentar yang mencuat seperti pemerintah tidak adil karena hanya sekolah khusus itu saja yang bisa menjadi Camat, nah masih ingat dengan kasus lelang camat yang dilakukan oleh Mantan Gubernur Jakarta yang sekarang menjadi presiden ada benarnya juga karena memberikan kesempatan bagi mereka yang mampu meminpin Kecamatan.

Diluar dari itu proses pendaftaran IPDN memang terbilang cukup terbuka, hanya saja sedikit sekali yang tahu padahal hampir setiap tahun pendaftaran IPDN dibuka, diluar dari itu proses pendaftaran dilaksanankan online, untuk lebih jelas sebelum lanjut pada pembahasan untuk mendaftar anda harus memenuhi beberapa persyaratan diantara simak dibawah ini.

Persyaratan Penerimaan IPDN.
  1. Warga Negara Indonesia.
  2. Usia pelamar/peserta seleksi per tanggal 1 Desember 2017: Pelamar berusia minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
  3. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol) dengan Tahun Kelulusan yaitu tahun 2013, 2014, dan 2017.
  4. Tinggi badan pelamar pria minimal 160 cm dan pelamar wanita minimal 155 cm.
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi peserta seleksi pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
  6. Tidak  menggunakan  kacamata/lensa  kontak  sesuai  dengan  unsur  pemeriksaan kesehatan.
  7. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah/Puskesmas setempat.
  8. Belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  9. Bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan; Siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal,  mengkonsumsi  maupun menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan dan pengeroyokan, dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak.
Selain dari pada persyaratan secara umum ada juga persyaratan adminitrasi yang harus dilengkapi sebelum melakukan pendaftaran dan mengikuti tes dari beberapa informasi yang telah dikumpulkan oleh admin ada beberapa poin dari persyaratan admintirasi untuk lebih jelasnya simak selengkapnya dibawah ini secara lengkap.

Persyaratan Admintrasi.
  1. Fotocopy Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir.
  2. Fotocopy Ijazah/Surat Tanda Tamat Belajar (STTB) yang dilegalisir oleh pejabat yang berwenang.
  3. Surat Keterangan Berbadan Sehat dari Dokter Pemerintah : RSUD/RS TNI/RS Polri/Puskesmas Pemerintah setempat menerangkan tinggi badan, dll.
  4. Biodata Calon Peserta Seleksi.
  5. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan yang diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  6. Surat Pernyataan untuk bersedia mentaati segala Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan  seluruh  biaya  pendidikan  yang  telah  dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan, diketahui orangtua/wali, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,- .
  7. Surat  Pernyataan  siap  diberhentikan  jika  melakukan  tindakan  kriminal, mengkonsumsi   maupun menjual   belikan   narkoba,   melakukan   perkelahian, pemukulan  dan  pengeroyokan,  dan  melakukan tindakan  asusila,  berdampak hukum atau tidak, yang dinyatakan secara tertulis, ditandatangani diatas materai Rp. 6.000,-.
  8. Pasphoto berwarna menghadap kedepan dan tidak memakai kacamata dengan latar belakang warna merah berukuran 3 x 4 cm sebanyak 4 (empat) lembar, dan 4 x 6 cm sebanyak 2 (dua) lembar.
  9. Persyaratan administrasi tersebut disusun rapi dan dimasukkan kedalam stofmap berwarna biru bagi pelamar pria dan stofmap berwarna merah bagi pelamar wanita. Ditujukan kepada Panitia Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Kabupaten/Kota.

Proses Pendaftaran IPDN


Setelah melihat persyaratan kini saat yang tepat untuk mengikuti proses pendaftaran yang akan dilaksanakan secara online simak selengkapnya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah silahkan akses pendaftaran melalui situs resmi ipdn.kemendakri.go.id. Lanjut pada tahapan selanjutnya melakukan pendaftaran melalui Badan Kepegawaian Daerah Kota ataupun Kabupaten tempat anda tinggal.

Setelah proses pendaftaran selesai anda akan mengikuti seleksi admintrasi atau verifikasi data di Provinsi, nantinya akan diumumkan melalui badan kepegawaian Provinsi tempat anda mendaftar, biasanya akan diumumkan melalui situs resmi  BKP Pengprov, atau di kemendagri, jika dinyatakan lulus berkas maka bisa mengikuti tes di Provinsi tempat anda mendaftar.

Ada beberapa tahapan tes yang harus dilalui  tahap pertama Tes Psikologi, Integritas, Kejujuran, tahap kedua Tes Kopetensi Dasar TKD CAT,  tahap ketiga Tes Kesemaptaan dan tahap keempat Tes Kesehatan, Jika dari kesemua proses dinyatakan lulus barulah saat penantian Penentuan akhir dimana dari semua hasil tes dikalkulasi yang akan menentukan kelulusan peserta dan terakhir Penetapan MDN, barulah anda bisa kuliah IPDN. Mudah kan untuk proses pendaftaran bisa anda lihat pada proses pendaftaran CPNS IPDN lengkap.

Pendaftaran akan dilaksanakan sesuai dengan waktu dan jadwal Pendaftaran pembukaan IPDN, seperti tahun sebelumnya pembukaan pendaftaran biasanya berbarangan dengan tes CPNS atau lebih duluan sedikit, nah untuk lebih jelasnya simak aja deh beberapa informasi mengenai jadwal lengkap simak selengkapnya dibawah ini.


Jadwal Penting IPDN

Pendaftaran Calon Praja IPDN
05 Oktober s.d. 19 Oktober 2017.

Informasi seputar pendaftaran tadi padat anda lihat melalui situs resmi ipdn.kemendagri.go.id atau  di Sapa.ipdn.ac.id dan spcp.ipdn.ac.id kemudian silahkan cek sesuai dengan yang dibutuhkan untuk tata cara sudah dibahas dan jadwal untuk itu kordinasi dengan BKD setempat untuk pendaftaran demikianlah informasi mengenai pendaftaran Perguruan tinggi Kedinasan semoga bisa memberikan manfaat.

Jangan lupa harap berhati-htai terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan panitia penerimaan IPDN, demikianlah informasi mengenai IPND semoga bisa bermanfaat terutama bagi mereka yang ingin mengikuti seleksi tahun ini admin doakan semoga lulus IPDN tahun ini sesuai dengan yang diharapakan amin sampai ketemu dipembahasan PTN Lainnya.