Pendaftaran Online ITB 2017-2018

ITB- Pendaftaran secara Online untuk ITB diminati Pendaftaran berbasis online bagi ITB untuk pendaftaran klik itb.ac.id ujian pendaftaran untuk online masuk di ITB dibuka tahun 2017 Pendaftaran di ITB dilakukan Online. Telah di buka pendaftaran online ITB yang diselenggaranakan oleh ITB beberapa ketentuan yang harus diperhatikan meliputi beberapa komponen seputar Pendaftaran Online ITB.

Ada banyak pertanyaan yang melitas ketika kita membahas mengenai pendaftaran online ITB dalam kesempatan ini kita akan membahas mengenai pendaftaran ITB sebagai salah satu Institut terbaik di Indonesia terdapat beberapa jalur masuk diantaranya adalah jalur masuk untuk yang diadakan pemerinta yang tergabung dalam Seleksi Masuk perguruan Tinggi Negeri dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Dalam hal ini kita akan membahas lebih jauh seputar pendaftaran ITB sebegai salah satu calon mahasiswa baru ITB pasti pada penasaran bagimana seseorang bisa menjadi mahasiswa ITB dalam pertanyaan ini kita akan membahas pertanyaan tersebut dan menuntun adik-adik untuk dapat melakukan pendaftaran secara online di ITB.

Ada dua jalur masuk ITB yang dilakuan secara serentak dan terbuka untuk umum pemerintah dan bekerjasama dengan Dikti dan Kemendikbud untuk menyelenggarakan jalur masuk nasional PTN diantaranya seperti diterangkap dibawah ini :




Tidak lagi diragukan seperti pada beberapa universitas UI, ITB, UNSRI, UGM dan seluruh PTN yang ada di Indonesia melaksanakan secara serentak Jalur Masuk Ini, pembukaan dilaksanakan dalam beberapa tahap, SNMPTN menggunakan jalur rekrutmen undangan jadi bisa dibilang mereka yang dinyatakan berprestasi di SMA saja yang mendaptkan undangan dan PIN untuk ikut SNMPTN di ITB maupun di PTN lain untuk melakukan pendaftaran anda dapat mengakses di www.SNMPTN.ac.id silahkan ikuti tatacara pendaftaran online SNMPTN.


Seleksi bersama ITB merupakan jalur masuk yang dilakukan secara terbuka untuk umum bedanya dengan SNMPTN jalur ini merupakan satu-satunya seleksi nasional yang dilakukan berdasarkan ujian masuk dengan metode ujian tertulis sedangkan SNMPTN dilakukan dengan undangan jadi SBMPTN bisa dilakukan secara mandiri pendaftaran online ITB dilakukukan di www.SBMPTN.or.id situs resmi pendaftaran SBMPTN ITB.

Selain seleksi secara nasional ITB juga membuka beberapa pendaftaran secara mandiri dilakukan oleh ITB beberapa jalur masuk ini bisa dilakukan dengan beberapa cara hal ini dapat dilihat secara jelas seperti dibawah ini :

3. Program Seleksi Mahasiswa Transfer (SMT) ITB

SMT merupakana salah satu program jalur masuk transfer sebagai salah satu persyaratan mutlak Pendaftar yang diajukan secara tertulis oleh rektor sebelumnya harus memiliki kerjasama dengan ITB kemudia mendaftarkan diri secara mandiri di situs resmi untuk lebih jelas anda dapat mengakses situs resmi pendaftaran SMT jalur masuk ITB berikut usm.itb.ac.id/smt-1.htm seperti contoh mahasiswa yang telah berkuliah di UI ingin pindah ke ITB atau mahasiswa UGM ingin pindah kuliah di ITB dan beberapa universitas atau Institut lain yang bekerjasama. Dengan syarta program studi yang di ambil sama seperti program studi sebelumnya.

4. Penerimaan Khusus Beasiswa Bidik Misi ITB

Beasiswa bidak misi ini diperuntukan untuk mereka yang kurang mampu tetapi berprestasi yang diberikan oleh pemerintah melai Dikti agar dapat digunakan dan tepat saran Beasiswa Bidik Misi bisa melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN yang berperan dalam mendaftar adalah pihak sekolah ataupun kepala sekolah sebagai pengusul dan kemudian diajukan secara mandiri oleh pihak sekolah ke PTN tujuan kemudian nanti akan diseleksi oleh PTN tersebut untuk melakukan pendaftaran online beasiswa bidik misi ITB bisa melaui bidikmisi.dikti.go.id.

5. Seleksi Mahasiswa Asing ITB

Progeam studi ini diperuntukan bagi mereka mahasiswa asing yang ingin berkuliah di ITB informasi ini diterjemahkan langsung dari situs resmi ITB beberapa ketentuan lainya seperti jadwal dan mekanisme pendaftaran dapat dilihat dibawah ini. Program ini pada dasarnya merupakan upaya dari ITB untuk menerima mahasiswa asing yang ingin melanjutkan studi mereka di ITB. Untuk lebih jelasnya dan melakukan pendaftaran dapat dilihat di situs resmi usm.itb.ac.id/smi-1.htm

Kelas untuk Siswa Luar Negeri ditawarkan di seluruh Fakultas / Sekolah di ITB. Program Kelas ITB untuk Mahasiswa Luar Negeri tidak menerima mahasiswa berkewarganegaraan Indonesia, dan tidak memberikan apapun beasiswa kepada siswa asing.


Tanggal Penting:

     Periode Pertama:
         Pendaftaran online: 3 Februari - 30 April
         Batas waktu aplikasi: 30 April
         Pemberitahuan Hasil aplikasi: 30 Mei
         Masa pendaftaran: menunggu jadwal
     Kedua Periode:
         Pendaftaran online: 16 May - 13 Juni
         Batas waktu aplikasi: 13 Juni
         Pemberitahuan Hasil aplikasi: 27 Juni
         Masa pendaftaran: menunggu jadwal

5. Penerimaan Mahasiswa Baru WNI Luar Negeri (PMBLN) ITB 

Apakah anda termasuk mahasiswa Indonesia yang berdomisili di luar negeri dan ingin berkuliah di Indonesia tempat kelahiran anda ya jalur masuk ini dikhususkan untuk merkea WNI yang berada diluar negeri yang ingin berkuliah di ITB dapat mengikuti seleksi khusus untuk melakukan pendaftaran anda dapat mengakse link berikut ini usm.itb.ac.id/pmbln-1.htm atau di publik.akademik.itb.ac.id/seven/USMLN/Registrasi persyaratan dan ketentuan lain juga dapat dilihat pada link tadi.


Persyaratan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017

Persyaratan pendaftaran awal untuk seleksi mahasiswa baru ITB tahun ini dapat dilihat dibawah ini berikut tatacara dan mekanisme dikutip dari situs resmi ITB. Dokumen-dokumen persyaratan yang harus dibawa dan dilengkapi calon mahasiswa pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, adalah sebagai berikut :
  • Print Out Pengisian Data Calon Mahasiswa Baru ITB 2017. Bila anda tidak berhasil melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru di situs resmi ITB (http://pmb.akademik.itb.ac.id), silakan langsung hadir pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB, pada tanggal 17 Juni 2017, dengan membawa kelengkapan dokumen yang disyaratkan.
  • Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017 (asli). Calon mahasiswa yang tidak membawa Kartu Tanda Peserta SNMPTN 2017, tidak diperkenankan memasuki ruangan pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017.
  • 3 (tiga) lembar pasfoto hitam putih ukuran 3 x 4 cm.
  • Akte Kelahiran asli dan 1 (satu) lembar fotokopi. Surat Kenal Lahir dan/atau dokumen sejenis selain Akte Kelahiran, tidak dapat digunakan.
  • Bukti Kelulusan SLTA Asli berupa STTB/Ijazah dan/atau Tanda Lulus/SKHUN Sementara dari SLTA asal, dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah. Kelulusan SLTA merupakan syarat utama untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. ITB akan membatalkan kelulusan calon mahasiswa yang tidak mampu menunjukkan bukti kelulusan SLTA dari penerimaan mahasiswa baru melalui SNMPTN 2017.
  • Rapor SLTA asli dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Sertifikat Bukti Prestasi asli (bila ada) dan 1 (satu) fotokopi, dilegalisasi oleh Kepala Sekolah.
  • Formulir Catatan Kesehatan asli yang telah diisi dan ditandatangani oleh dokter umum. Format Formulir Catatan Kesehatan dapat diunduh di situs http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip.
  • Bagi calon mahasiswa yang mendaftar ke FSRD ITB, diwajibkan membawa gambar asli yang digunakan pada portofolio.
  • Surat Perjanjian Mahasiswa Baru ITB 2017 yang telah diisi dan ditandatangani calon mahasiswa. Surat perjanjian tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
  • Surat Keterangan Bebas Buta Warna dari Dokter Spesialis Mata asli, sesuai dengan format yang disediakan ITB di situs http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip, bagi calon mahasiswa yang dinyatakan diterima di sekolah/fakultas berikut :
    • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (khusus peminat program studi Kimia)
    • Sekolah Ilmu dan Teknologi Hayati
    • Sekolah Farmasi
    • Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian
    • Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan
    • Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan (khusus peminat program studi Teknik Lingkungan dan Rekayasa Infrastruktur Lingkungan)
    • Fakultas Teknologi Industri (khusus peminat program studi Teknik Kimia)
    • Fakultas Seni Rupa dan Desain
  • Bagi calon mahasiswa yang akan mengajukan permohonan subsidi biaya pendidikan atau telah mengajukan lamaran Beasiswa BIDIKMISI, diwajibkan :
    • Menyerahkan dokumen-dokumen berikut pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB (17 Juni 2017) :
      • Surat Pernyataan Orang Tua/Wali asli yang telah diisi dan ditandatangani di atas meterai Rp. 6000,-. Surat pernyataan tersebut dapat diperoleh dari Kit Pendaftaran Awal (http://usm.itb.ac.id/kit-daftarawal.zip)
      • Bukti pembayaran rekening listrik
      • Surat Keterangan Penghasilan orangtua/wali dari Pemberi Pekerjaan/RT/RW/ Kelurahan.
    • Mengunggah dokumen-dokumen berikut di situs http://pmb.akademik.itb.ac.id pada tanggal 9 - 16 Juni 2017 :
      • Fotocopy Kartu Keluarga yang mencantumkan nama calon mahasiswa
      • Bukti pembayaran rekening listrik yang mencantumkan secara jelas kapasitas daya listrik tempat tinggal
      • Fotocopy tagihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang mencantumkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) atau Perjanjian Kontrak/Sewa tempat tinggal dengan alamat sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
      • Foto tempat tinggal sesuai dengan yang tercantum pada Kartu Keluarga
      • Essay (tulisan tangan). Informasi mengenai essay yang harus dibuat oleh calon mahasiswa dapat diperoleh di sini http://usm.itb.ac.id/essay-daftarawal.htm.
    • Dokumen yang tidak berhasil diunggah wajib dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017. Pengajuan subsidi biaya pendidikan dan Beasiswa Bidikmisi tidak akan diproses apabila terdapat data/dokumen yang tidak lengkap.
Semua persyaratan dan dokumen tersebut harus dibawa pada saat Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017. Kekurangan/ketidaklengkapan persyaratan dan dokumen, akan menyebabkan kelulusan calon mahasiswa yang bersangkutan di SNMPTN 2017 dibatalkan dan tidak dapat diklaim kembali untuk alasan apa pun.


Persyaratan Peserta Beasiswa BIDIKMISI

Bagi calon mahasiswa yang mengajukan permohonan Beasiswa BIDIKMISI, selain dari kelengkapan akademik di atas, diharuskan untuk membawa kelengkapan dokumen persyaratan pengajuan Beasiswa BIDIKMISI pada saat pelaksanaan Pendaftaran Awal Mahasiswa Baru ITB 2017, pada tanggal 17 Juni 2017. Kelengkapan dokumen tersebut adalah :
  • Fotokopi Kartu Keluarga Miskin. Bagi keluarga yang tidak memiliki Kartu Keluarga Miskin, harus menyertakan Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh kepala desa/kepala dusun/instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  • Rekomendasi untuk menerima Beasiswa BIDIKMISI dari Sekolah beserta alasan mengapa calon mahasiswa yang bersangkutan dinilai layak untuk menerima beasiswa BIDKMISI.
  • Fotokopi Kartu Identitas kedua orang tua calon mahasiswa.

Program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter bagi Calon Mahasiswa yang Mengajukan Beasiswa Bidikmisi
Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus di ITB melalui SNMPTN 2017 dan mengajukan Beasiswa Bidikmisi diwajibkan tinggal di Asrama ITB dan mengikuti pelaksanaan kegiatan Program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter secara penuh. Program Matrikulasi & Pengembangan Karakter akan dilaksanakan di Kampus ITB, Jl. Ganesa no. 10 Bandung, pada tanggal 19 Juni – 18 Juli 2017. Pada pelaksanaan program Matrikulasi dan Pengembangan Karakter, calon mahasiswa yang telah mengajukan Beasiswa Bidikmisi tidak dikenai biaya apa pun.

Kegiatan Matrikulasi & Pengembangan Karakter berisi materi terkait ITB dan Fakultas/Sekolah, peningkatan kemampuan soft skill dan keterampilan belajar (learning skill), pemberian wawasan kehidupan di perguruan tinggi, dan pengenalan fasilitas kampus. Bagi penerima Beasiswa Bidikmisi, sebagai bagian dari program pengembangan karakter mahasiswa Bidikmisi, diwajibkan untuk tinggal di asrama ITB selama satu tahun pertama di ITB.

Beberapa informasi penting lainnya
  • Calon mahasiswa melaksanakan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB secara tepat waktu, berpakaian seragam SLTA dan mengenakan sepatu tertutup.
  • Pelunasan biaya pendidikan akan dilaksanakan pada saat Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017, bulan Agustus 2017. Ketentuan mengenai biaya pendidikan di ITB dapat diperoleh di sini http://usm.itb.ac.id/snmptn-4.htm.
  • Selain dari persyaratan dokumen yang tercantum dalam pengumuman ini, ITB tidak mewajibkan calon mahasiswa untuk membawa benda-benda lainnya. Mohon agar calon mahasiswa tidak membeli perlengkapan yang ditawarkan di depan lokasi pelaksanaan Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB.
  • Nama Mahasiswa, tempat tanggal lahir, dan nama orang tua harus sama penulisannya dan penyingkatannya antara STTB/Ijazah, STK/STL, dan Akte Kelahiran. Apabila tidak sama, harus ada surat keterangan dari pihak yang berwenang (Catatan Sipil/Notaris untuk Akte Kelahiran, Kepala Sekolah untuk Ijazah/STTB/STK/STL).
  • Pasfoto memperlihatkan kedua telinga, menghadap ke depan, berpakaian seragam sekolah/sejenis, dan tanpa tutup kepala. Bagi yang berjilbab, diperkenankan menyerahkan pasfoto berjilbab.

Informasi selengkapnya mengenai Pendaftaran Mahasiswa Baru ITB 2017, dapat diperoleh di alamat :
Direktorat Pendidikan ITB
u.p. Kasubdit Penjaringan Mahasiswa
Gd. CCAR ITB lt.4, Jl. Tamansari 64 Bandung
Tel./Fax. : 022-2508519
Tel.         : 022- 4254016, 022- 61083601
E-mail    : usmitb@pusat.itb.ac.id
Website : http://usm.itb.ac.id/

Beberapa informasi pendaftaran berikut dapat dilihat pada ketentuan melalui situs resmi ITB http://usm.itb.ac.id ITB tidak akan mentolerasi segala bentuk apapun yang berkaitan keterlambatan pendaftaran baik secar online maupuan pada saat seleksi dilaksanakan. Bagi yang terlambat melengkapi berkas atau mengikuti tes yang terlambat dianggap telah gugur panitia tidak akan memberikan keringanan apapun mengenai hal tersebut.

Semoga untuk anda yang ingin mengikuti seleksi ITB dapat menaati segala bentuk persyaratan yang telah ditetapkan oleh ITB maupun penyelenggara pendaftaran Online ITB. Semoga informasi diatas dapat membantu dalam proses pendaftaran online ITB apabila terdapat perbedaan informasi maka yang akan digukan Info mengacu pada situs ITB.ac.id dan USM.ITB.ac.id.

Panitia juga tidak akan mentoleransi segala bentuk kecurangan yang dilakukan apabila terbukti curang dalam mengikutis dalam bentuk apapun nantinya panitia pendaftaran ITB akan menindak tegas tanpa mentoleransi segala bentuk kecurangan baik yang dilakukan peserta atau oknum lain jika terbukti termasuk Joki Ujian ITB. Semoga beruntung dan lulus amin. Bagi mengcopas informasi ini harap memberikan sumber agar calon mahasiswa pendaftaran Online ITB tidak mengalami kebingungan karena info tanpa sumber jelas akan menyesatkan.