Pendaftaran Online IPB 2017-2018

IPB - Pendaftaran secara online institusi IPB dibuka Pendaftaran dilaksanakan Online Tentunya IPB membuka pendaftaran terbuka online tentu IPB menyediakan pendaftaran secara online klik IPB.ac.id. Bogor Agricultural University atau lebih dikenal dengan Istitut pertanian bogor membuka pendaftaran secara online di beberapa bidang studi terutama yang menjadi favorite adalah khusus pertanian.

Sebagai intitusi terbaik yang bergerak dibidang Pertanian tentu IPB mengharapakan dapat menyerap putra putri terbaik Indonesia agar dapat mengembangkan Ilmu dan mencari Ilmu baru dalam bidang seperti Pertanian nantinya dapat dikembangakan kembali serta dipergunakan pada masyarakat. Ada beberapa mekanisme pendaftaran secara online dibuka bagi pendaftar yang berminat untuk menimba ilmu di IPB.

Dalam hal ini ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk dapat belajar dan lulus di IPB meski demikian banyak sekali yang mengharapkan agar dapat berkuliah di IPB karena selain menjadi PTN top teen di Indonesia, riset dan penemuan yang dikembangkan oleh IPB sudah diakui oleh dunia tidak heran segudang prestasi tadi menjadi alasan banyak mahasiswa yang ingin berkuliah di IPB.


Meski bergerak di ilmu kajian pertanian IPB juga unggul di beberapa bidang lainya seperti bidang sastra, pendidikan dan lain sebagainya ada beberapa jalur yang akan dibahas dalam penjelasan mengenai pendaftaran online IPB meliputi ujian yang diadakan secara nasional Seleksi masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) jalur undangan, Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), Beasiswa utusan daerah (BUD), Ujian Talenta Masuk IPB (UTM), Prestasi Internasional-Nasional (PIN), Program Alih jenis untuk sarjana, program diploma, sekolah pascasarjana, beasiswa bidik misi.

Dari beberapa jalur masuk yang diadakan oleh IPB semua jurusan dan program kuota mencapai 4500 penerimaan terbagi dalam beberapa beberapa jalur baik tertulis maupun undangan serta ditambah program beasiswa nasional dan daerah serta program diploma dan pasca sarjana. Dalam hal ini memang berbanding terbalik dengan jumlah pendaftar yang mencapai puluhan ribu semua mengharapkan masuk dan dapat berkuliah di IPB.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas lebih dalam jalur masuk dan beberapa jadwal serta mekanisme pendaftaran yang dapat dilakukan secara online berdasarkan informasi situs terkemuka dan terpecaya seperti situs resmi Ipb.ac.id dan beberapa situs lain seperti SNMPTN.ac.id dan SBMPTN.ac.id dalam hal ini kita akan menguraikan satu persatu dengan info yang utuh simak selengkapnya dibawah ini :



SNMPTN merupakan seleksi yang diadakan secara nasional oleh pemerintah untuk dapat berkuliah di PTN tujuan, dalam hal ini teknik tes yang digunakan adlaah jalur 100% undangan pendaftaran dilakukan secara online melalui situs resmi www.SNMPTN.ac.id dalam hal ini calon mahasiswa tertentu saja yang bisa mendaftar mereka yang mendapatkan undangan saja yang bisa kuliah di IPB melalui jalur Undangan itupun dengan berbagai pertimbangan jika nanti dinyatakan lulus oleh panitia maka baru bisa masuk dan kuliah di IPB, untuk lebih jelas admin akan membagi mekanisme pendaftaran, jadwal dan  Tata cara mengikuti SNMPTN dilakukan melalui dua tahap, yaitu (1) pengisian PDSS oleh sekolah dan verifikasi oleh siswa, dan (2) pendaftaran.

Pengisian PDSS
  • Kepala Sekolah mengisi data sekolah dan siswa di PDSS melalui laman http://pdss.snmptn.ac.id.
  • Kepala Sekolah mendapatkan password setiap siswa yang akan digunakan oleh siswa untuk melakukan verifikasi.
  • Siswa melakukan verikasi data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dengan menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah.
  • Siswa yang tidak melaksanakan verifikasi maka data rekam jejak prestasi akademik (nilai rapor) yang diisikan oleh Kepala Sekolah dianggap benar dan tidak dapat diubah setelah waktu verifikasi berakhir.

Mekanisme Pendaftaran
  • Siswa Pelamar, menggunakan NISN dan password yang diberikan oleh Kepala Sekolah pada waktu verifikasi data di PDSS, login ke laman SNMPTN http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.
  • Siswa Pelamar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) pas foto resmi terbaru dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pelamar harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.
  • Pelamar program studi keolahragaan dan seni harus mengunggah portofolio atau dokumen bukti keterampilan yang diisi oleh Kepala Sekolah dan/atau siswa menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.
  • Siswa pelamar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.
  • Sekolah dan/atau siswa pelamar yang mengalami kesulitan akses Internet, proses pengisian PDSS maupun pendaftaran dapat dilakukan di Plasa Telkom dan/atau Kantor Pos online di seluruh Indonesia.

Jadwal SNMPTN
KegiatanTanggal
Pengisian PDSS 6 Januari – 6 Maret ,
dan selanjutnya diisikan secara berkala tiap akhir semester
Pendaftaran 17 Februari – 31 Maret
Proses Seleksi 1 April – 26 Mei
Pengumuman Hasil Seleksi 27 Mei
Pendaftaran Ulang Lulus yang Seleksi 17 Juni , bersamaan dengan pelaksanaan ujian tertulis SBMPTN



Seleksi SBMPTN dilaksanakan secara terbuka untuk umum dan dapat dilakuakan secara mandiri karena jalur ini menggunakan sistem ujian tertulis jadi asalkan mereka memenuhi persyaratan seleksi secara umum maka sudah dibisa mendaftar secara online di situ www.SBMPTN.or.id beberapa cara dan ketentuan hampir sama meski memiliki beberapa perbedaan silahkan akses sbmptn.or id untuk tata cara pendaftaran online. dibawah ini kami memberikan beberapa jadwal untuk pendaftaran SBMPTN simak selengkapnya.

Jadwal SBMPTN

Berdasarkan edaran kemendikbud dan dikti bahwa penerimaan SBMPTN dilaksanakan hanya satu kali dalam satu tahun pada tanggal 17 Juni beberapa ketentuan lain dapat langsung dilihat pada situs resmi sbmptn.


3. Pendaftaran Online Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB

Berdasarkan sumber bahwa jalur masuk IPB Beasiswa Utusan Daerah dengan berbagai tujuan salah satu meningkatkan mutu pendidikan dan mengenbangkan daerah beasiswa ini dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut simak cara pendaftaran online BUD IPB. Dilakukan secara kelembagaan oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah :

1. Membayar uang pendaftaran
2. Melengkapi berkas formulir pendaftaran
3. Berkas diterima paling lambat bulan Mei

Untuk lebih jelas simak persyaratan dan kelengkapan berkas klik http://bud.ipb.ac.id/index.php/adm.


4. Pendaftaran Online Ujian Talenta Masuk (UTMI) IPB

Ujian ini dilaksanakan ujian tulis diperuntukan bagi mereka yang memiliki dan mengembangkan kepemimpinan, wirausaha, cinta petani nantinya bagi yang dinyatakan lulus akan di bentuk dengan berbagai softsklill yang dimiliki dalam hal ini IPB mengharapakan beberapa tujuan seperti menjaring mahasiwa yang memiliki talent tinggi seperti yang disebutkan diatas dan memiliki wawasan pertanian yang luas.

Cara Mendaftar

  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman http://utm.ipb.ac.id/.. Tata cara pendaftaran dapat dilihat pada http://utm.ipb.ac.id/pages.php?page=caradaftar
  2. Pelamar dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi. Pelamar tidak dapat mengubah pilihan program studi setelah pendaftaran online dengan alasan apapun.
  3. Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,-/Pelamar.  Pelamar yang sudah mendaftar namun membatalkan keikutsertaan UTM IPB tidak dapat meminta kembali biaya pendaftaran.
  4. Pelamar yang dinyatakan lulus ujian tulis dan pemetaan bakat dan diterima oleh IPB, wajib melakukan registrasi sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan dengan melengkapi persyaratan yang akan ditentukan kemudian dan sanggup mengikuti kegiatan softskill yang akan dijadwalkan.
  5. Mengingat jarak antara pengumuman hasil seleksi dan periode konfirmasi calon mahasiswa (bagi pelamar yang lulus tes) yang sangat singkat (lihat menu “Tanggal penting”), dimohon agar pelamar dapat mempersiapkan dokumen berikut untuk keperluan tersebut:
    1. Surat keterangan penghasilan Ayah dan Ibu/Wali calon mahasiswa baru:
      • PNS/TNI/POLRI dari Instansi Pemerintahan
      • Pegawai Swasta/BUMN dari Perusahaan
      • Pekerjaan lainnya disahkan oleh Kepala Sekolah dan Kepala Desa/Lurah.
    2. Kartu Keluarga Orang tua/wali
    3. Bukti Pembayaran Listrik tiga bulan terakhir di rumah orangtua/wali

5. Pendaftaran Online Jalur Prestasi Nasional-Internasional (PIN) IPB

PIN merupakan jalur masuk IPB dengan tujuan menjaring mahasiswa yang memiliki beragam prestasi baik dibidang nasional dan internasional hal ini diprioritaskan bagi pemenang lomba tingkat nasional dan internasil dalam hal ini kajian ilmu yang di ikuti adalah kajian ilmu seperti ilmu sains yang tergabung dalam IPA, seperti pemenang lomba sains matemakika Ria, fisika, Biologi, Kimia, dan ilmu kajian lain seperti Informatika serta ataupun pemenang karya tulis tingkat Nasional dan Internasional.

Lulusan terbarik selama di SLTA pernah menjadi finalis dalam lomba di tingkat internasional, nasional, atau IPB antara lain dalam kegiatan :
  • Lomba Karya Ilmiah, Matematika Ria
  • Olimpiade Matematika, Fisika, Kimia, Biologi, dan Informatika
Mengirim berkas lamaran ditujukan ke Rektor IPB
Periode lamaran sampai medio bulan Juli
surat undangan dari Rektor IPB kepada pelamar sekitar awal Agustus
  1. Diundang oleh Rektor IPB
  2. Tidak memalsukan dokumen dalam berkas lamaran
  3. Membayar biaya pendidikan
  4. Menyerahkan fotokopi Ijazah, NEM, dan rapor, serta Daftar Riwayat Hidup
  5. Menyerahkan pasfoto terbaru untuk KTM/ATM
  6. Melengkapi formulir registrasi

6. Pendaftaran Online Jalur Alih Jenis Untuk Sarjana IPB

Nah kalau yang diperuntukan untuk mereka yang memiliki kemampuan dan berminat melanjutkan kuliah dengan jenjang lulusan D3 yang akan melanjut ke Sarjana dalam hal ini ada beberapa syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah IPK min 3.00 berikut ini adalah jadwal dan cara pendaftarannya simak selengkapnya dibawah ini.

KegiatanWaktu
Pendaftaran 21 April - 12 Juli
Ujian Tulis 19 Juli
Pengumuman Hasil Seleksi 7 Agustus
Periode Pembayaran SPP Calon Mahasiswa s.d 20 Agustus


  1. Pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs http://alihjenis.ipb.ac.id
  2. Calon Pendaftar Mengisi formulir pada [Menu Daftar]
  3. Mengunggah Transkrip Akhir dan Ijazah/Surat Keterangan Lulus dalam bentuk pdf, pas photo 3x4 cm (latar belakang merah, muka menghadap depan) dalam bentuk jpeg.
  4. Calon Pendaftar akan mendapatkan 10 Digit Angka Nomor Pendaftaran sebagai kode tagihan ke Bank, dan 10 Karakter dan angka sebagai identitas registrasi.
  5. Biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,00 (lima ratus ribu rupiah) dibayar melalui Bank Mandiri.  Lihat Cara Bayar Ke Bank Mandiri
  6. Nomor dan Kartu tanda peserta ujian dicetak sendiri oleh pelamar setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran.

7. Pendaftaran Online Program Diploma (D3) IPB

Program diploma diperuntukan bagi mereka yang meninginkan kuliah untuk jenjang diploma seperti D3 di IPB dalam hal ini ada sedikit perbedaan daalm mekanisme pendaftaran dan beberapa ketentuan lain untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini.
  • Calon Peserta mengisi Formulir pendaftaran secara online di alamat http://pmb.diploma.ipb.ac.id pada menu Pendaftaran Online. Untuk mendapatkan Nomor Pendaftaran (8 Digit Angka).
  • Calon Peserta melakukan pembayaran melalui Cabang Bank BNI (pada hari dan jam kerja), ATM BNI, BNI Internet untuk mendapatkan PIN Pendaftaran (12 Digit Angka) dengan memberikan nomor pendaftaran (Nomor Pendaftaran & PIN merupakan satu kesatuan yang harus dijaga kerahasiannya) Lihat Tata Cara Pembayaran
  • Calon Peserta mengkases kembali http://pmb.diploma.ipb.ac.id, dan melakukan verifikasi & cetak kartu dengan memasukan Nomor Pendaftaran dan PIN Pendaftaran yang tertera di Bukti Pembayaran setelah melakukan pembayaran melalui Cabang BNI, ATM BNI, BNI Internet untuk mencetak Kartu Hadir Ujian, dilakukan pada menu [Verifikasi PIN]
  • Jika sudah melakukan verifikasi pin, pendaftar dapat merubah/melengkapi datanya kembali jika terjadi kesalahan melalui menu [Lengkapi Data]
  • Calon peserta akan dikatakan resmi menjadi peserta jika sudah melengkapi data dan memiliki Kartu Hadir Peserta Ujian, Kartu Identitas Peserta Ujian.

Bidik misi merupakan salah satu beasiswa yang diberikan pemerintah kepada mereka yang tidak mampu secara ekonomi tetapi memiliki prestasi gemilang dalam akademik, mereka berhak memilih dan menentukan dimana saja akan berkuliah dalam hal ini ada beberapa cara pendaftaran untuk lebih jelas simak proses mekanisme pendaftaran dibawah ini :
  • Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu mempelajari prosedur pendaftaran Bidikmisi melalui laman bidikmisi.dikti.go.id
  • Calon peserta Bidikmisi terlebih dahulu harus didaftarkan oleh kepala sekolah melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id Peserta yang dinyatakan memenuhi persyaratan akan memperoleh Kode Akses Pendaftaran (KAP) dan PIN.
  • Apabila calon peserta Bidikmisi direkomendasikan oleh Kepala Sekolah untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan, maka PIN digunakan sebagai pengganti pembayaran biaya pendaftaran.
  • Siswa yang memperoleh KAP dan PIN dapat mendaftar/mengisi biodata melalui laman http://undangan.snmptn.ac.id
  • Apabila calon peserta Bidikmisi tidak memenuhi persyaratan seleksi Jalur Undangan atau dinyatakan tidak diterima melalui seleksi Jalur Undangan, maka KAP dan PIN dapat digunakan lagi untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis tanpa harus membayar biaya ujian.
  • Apabila calon peserta Bidikmisi telah dinyatakan lulus melalui seleksi Jalur Undangan dan berkeinginan untuk mendaftar SNMPTN Jalur Ujian Tertulis, maka PIN yang telah diperoleh dinyatakan tidak berlaku dan yang bersangkutan harus membayar biaya ujian dengan menggunakan KAP yang telah diperoleh sebelumnya.

informasi yang sudah dituliskan dan dirangkum serta disimpulkan dapat dilihat secara lengkap di situs resmi IPB di link admisi.ipb.ac.id apabila terdapat perbedaan informasi atau perbaharuan yang digunakan adalah info disitus resmi IPB semoga informasi yang diberikan dapat menuntun dan memudahkan anda yang ingin mengikuti seleksi pendaftaran online IPB terima kasih.